Edisi 12-05-2017
Mahasiswa Unpab Ikut Pelatihan P4GN


MEDAN - Sebanyak 35 mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi( Unpab) mengikuti training of trainer (ToT) pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di Kampus TamaddunMandiri, Jalan Gatot Subroto, Medan, Rabu (10/5).

Rektor III Unpab Samrin saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, peserta nantinya akan menjadi anggota Satuan Gerakan Mahasiswa (Satgas) Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Antipenyalahgunaan Narkoba (Artipena) Unpab. “Adik-adik mahasiswa yang mengikuti ToT ini harus mengusai materi.

Peserta nantinya akanmenjadisatgasantinarkoba yang harus mampu menjelaskan bahayanarkobakepada mahasiswa dan masyarakat,” kata Samrin yangjugamenjabatKetuaBidang Organisasi Artipena Sumut. Koordinator Satgas Artipena Unpab M Erwin Radityo dalam paparannya menga-takan, secara geografis, Indonesia yang berbentuk kepulauan menjadi peluang besar bagi mafia narkotika untuk memperluas jaringannya.

Apalagi, mengingat penduduk Indonesia yang besar juga menjadi pangsa besar di wilayah ASEAN. Buktinya, sampai lini terbawah saat ini sudah terkontaminasi oleh narkotika dan obatan- obatan berbahaya (narkotika). Sementara mahasiswa merupakan pasar potensial bagi jaringan pengedar narkoba. “Indonesia sudah menjadi pangsa pasar peredaran narkoba internasional.

Ada lebih dari 5 juta anak muda menjadi penyalah guna narkoba. Bahkan ada sekitar 30-40 anak muda Indonesia yang meninggal per hari akibat penyalahgunaan narkotika,” kata Erwin. Dia menambahkan, mahasiswa harus menyadari bahaya penyalahgunaan narkoba dan ikut mengawasi, mencegah, dan memberantas peredaran serta penyalahgunaan narkoba, terutama di lingkungan kampus dan keluarga masing-masing.

eko agustyo fb

Berita Lainnya...