Edisi 12-05-2017
Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Terbuka di Mabar


MEDAN - Camat Medan Perjuangan Fahri Matondang memimpin pembersihan saluran terbuka di Jalan Mabar, Kelurahan Sei Kera, Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (10/5).

Hal ini sebagai bentuk ketaatan menjalankan perintah Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pembersihan ini bertujuan supaya aliran air berjalan dengan lancar, terutama saat hujan turun. Dengan begitu, saluran terbuka dapat mengendalikan debit air sehingga meminimalisir terjadinya banjir.

Selain pekerja kebersihan, Fahri juga melibatkan masyarakat sekitar membersihkan saluran. Mereka bersama-sama membersihkan sampah yang ada di permukaan saluran terbuka. Pembersihan dilakukan menggunakan pe-ralatan manual seperti cangkul, sekop serta penggaruk. Menurut Fahri, pembersihan yang dilakukan sejak pagi bertujuan agar saluran terbuka tetap bersih dari sampah, dan lumpur sedimen.

“Pembersihan ini akan rutin kita lakukan sehingga saluran terbuka ini benar-benar bersih dari sampah, sedimen. Apalagi belakangan ini sering turun hujan, kita tidak mau sampah-sampah ini mengganggu kelancaran aliran air yang akhirnya memicu terjadinya banjir,” kata Fahri. Usai melakukan pembersihan, Fahri mengimbau seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan saluran terbuka dengan tidak membuang sampah sembarangan lagi, sebab saluran terbuka bukan tempat sampah.

Sebelumnya, Wali Kota MedanTDzulmiEldinmenginginkan seluruh camat dan lurah peka terhadap kondisi maupun permasalahan yang terjadi di wilayah tugasnya masing- masing. Termasuk dalam hal kebersihan di wilayah kerjanya untuk menjadikan Kota Medan lebih indah dan bersih lagi ke depannya. “Camat dan lurah harus peduli dan melakukan pengawasan terhadap kebersihan lingkungan serta mengajak warga untuk bersama-sama melakukan kegiatan gotong royong,” tandasnya.

Eldin mengingatkan agar jangan buang sampah lagi ke dalam saluran terbuka. Lantaran, banjir itu terjadi akibat kebiasaan buruk kita buang sampah sembarangan. “Mulai saat ini mari kita jaga bersama kebersihan saluran terbuka ini,” kata dia.

irwan siregar




Berita Lainnya...