Edisi 12-05-2017
14 SPBU Layani One Stop Shopping Energi


SURABAYA – Keberadaan SPBU di pinggir jalan kini lebih lengkap. Tak hanya berisi layanan pengisian bahan bakar minyak (BBM), sebanyak 14 SPBU yang ada di Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatim, Bali dan Nusa Tenggara sudah membuka layanan one stop shoppingenergy.

General Manager Pertamina MOR V Herman MZ menuturkan, konsumen yang datang ke SPBU kini tak hanya bisa membeli BBM saja. Mereka juga bisa membeli produk Pertamina lainnya seperti gas elpiji, oli, makanan, gerai kebutuhan sehari-hari, fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sampai tenantair dan pengisian nitrogen. Semua layanan itu berada dalam satu kawasan SPBU Pasti Prima. Layanan tambahan yang diharapkan bisa menambah kenyamanan para konsumen ketika datang ke SPBU.

“Sebanyak tujuh SPBU ada di Kota Surabaya, lima di SPBU Sidoarjo serta dua lainnya berada di SPBU Jember,” ujar Herman, kemarin. Ia melanjutkan, pihaknya berharap dalam waktu dekat ini ada 27 SPBU Pasti Prima lagi yang memberikan pelayanan terpadu. Sebarannya pun diharapkan bisa di berbagai kota yang menjadi jalur para pengendara.

”Jadi di SPBU Pasti Prima masyarakat bisa lebih mudah menjangkau kebutuhan akan energinya. Mereka bisa mengisi BBM sambil membeli kebutuhan lainnya tanpa harus datang ke tempat lain yang jauh,” ungkapnya. Di MOR V, katanya, akan lebih banyak lagi SPBU Pasti Pas yang naik kelas menjadi SPBU Pasti Prima. Di Surabaya sebetulnya ada 50 SPBU Pasti Pas yang layak menjadi SPBU Pasti Prima, dan saat ini sedang menyiapkan fasilitas tambahannya.

Untuk menjadi SPBU Pasti Prima, pengusahanya harus menambah modal mereka untuk penambahan fasilitas yang diwajibkan menjadi syarat wajib SPBU Pasti Prima. “Tetapi imbasnya selain banyaknya pembeli karena SPBU lebih lengkap, kami juga memberikan tambahan marjin keuntungan,” ucapnya. Ketua DPD V Hiswana Migas Rachmad Muhamadiyah mengatakan, adanya penambahan marjin keuntungan yang ditawarkan oleh Pertamina menjadi peluang besar.

aan haryono


Berita Lainnya...