Edisi 12-05-2017
Jember Dinilai Bisa Jadi Kabupaten Zero Korupsi


JEMBER –Koordinator Divisi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz mengapresiasi gebrakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember yang ingin menjadi kabupaten dengan indeks zero korupsi.

Hal itu dibuktikan dengan melakukan Fakta Integritas Antikorupsi di Lingkungan Birokrasi yang dimotori langsung oleh Bupati Jember. “Kami dari ICW, kalau kami lacak kepala daerah yang berprestasi dan ranking star di tingkat nasional, kebanyakan mereka adalah penerima penghargaan anugerah Bung Hatta Anti Corruption Award dan mereka menjadikan isu antikorupsi jargon Pemerintahan,” ujar Donal saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan Daerah yang digelar Puskapsi FH Unej di Pendopo Wahya Wibawa Graha Pemkab Jember kemarin.

Ia mencontohkan, ada sejumlah figur pemimpin daerah berprestasi yang telah menerima penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award dan memang terbukti berhasil menjalankan roda pemerintahan yang bersih dengan mengusung isu antikorupsi. Sementara Bupati Jember Faida menyatakan, mewujudkan birokrasi dan pemerintahan daerah yang bersih dari segala praktik korupsi tidak menjadi slogan semata, melainkan komitmen bersama yang akan terus dilakukan selama pemerintahannya berjalan.

“Semua harus bersatu padu dalam mencegah terjadinya korupsi dalam pengelolaan keuangan daerah. Hal itu demi untuk menyelamatkan APBD agar benar-benar dapat diperuntukkan bagi masyarakat Jember,” tandas Bupati Faida.

p juliatmoko






Berita Lainnya...