Edisi 12-05-2017
Pemkot Semarang Raih BKN Award 2017


SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang men - dapatkan anugerah sebagai pengelola kepegawaian terbaik tingkat kabupaten/kota tipe A dari Badan Kepegawaian Na - sional (BKN) dalam BKN Award 2017.

Penghargaan BKN Award ini diserahkan langsung Ke - pala BKN Bima Haria Wibisana kepada Sekretaris Daerah Kota Semarang Adi Tri Hananto pada acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian BKN 2017 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Ja - lan Jendral Gatot Subroto Ja - karta Selatan. Sekda Kota Semarang Adi Tri Hananto mengatakan, peng hargaan ini merupakan wujud nyata atas komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam pengelolaan ASN yang profesional, berkinerja, dan berkualitas tinggi.

Adi berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi se - luruh jajaran Pemkot Sema - rang untuk semakin mening - katkan kinerja, kreativitas, ser - ta memanfaatkan teknologi in - formasi, khususnya dalam pe - laksanaan pekerjaan maupun manajemen ASN di lingkungan Pemkot Semarang.

“BKNAwards merupakanwu - jud semangat pengelola ke pe - gawaian guna menyajikan excellent service (layanan pri ma) ke - pada masyarakat yang diberi kan kepada kemente ri an/lembaga, pemerintah provinsi, dan kabupaten/ kota,” ucapnya ke ma rin. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Semarang, Bambang Sukono menambahkan, BKN Award yang diterima Pemkot Sema - rang melalui proses panjang.

Ada sembilan variabel kriteria yang telah ditetapkan oleh BKN, yakni perencanaan for - masi, pelayanan pengadaan, pelayanan kenaikan pangkat, pelayanan pensiun, imple men - tasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK), peman - faatan CAT BKN, penilaian kom petensi, implementasi pe - ni laian kinerja, dan Komitmen Pengawasan dan Pengen da lian.

“Dari sembilan indikator ter sebut, Pemkot telah melak - sanakan seluruhnya, namun yang paling menonjol adalah implementasi penilaian kiner - ja dengan membangun sistem onlineyang bernama e-kinerja,” paparnya. Tahun ini BKN memberi - kan penghargaan kepada lima instansi terbaik yang dibagi ke dalam tujuh kelompok kate - gori, yakni Kementerian Besar (jumlah PNS >19.000), Ke - men terian Kecil (jumlah PNS <19.000), Lembaga non-Ke - menterian, pemerintah pro - vinsi, pemerintah kabupa ten/ kota (tipe A), pemerintah ka - bupaten/kota (tipe B), dan terakhir pemerintah kabupa - ten/kota (tipe C).

andik sismanto









Berita Lainnya...