Edisi 12-05-2017
Stok Blangko E-KTP Tinggal 2.000 Keping


SALATIGA – Selama satu bulan belakangan, Dinas Ke - pen dudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sala - tiga telah mencetak kartu tan - da penduduk elektronik (e- KTP) sebanyak 2.000 keping.

Hingga saat ini stok blangko e- KTP yang masih ada di Dis - dukcapil tinggal 2.000 keping. Padahal jumlah warga yang belum mencetak e-KTP atau masih memegang surat kete - rangan pengganti e-KTP men - capai 11.656 lembar. Belum lagi jumlah warga yang meng - ajukan permohonan pener - bitan e-KTP per hari mencapai 200 orang.

Dengan demikian, stok blangko yang masih ada ti dak cukup untuk melayani pen cetakan e-KTP warga yang telah mengantongi surat kete - rangan dan permohonan baru. “Kami berharap pemerintah pusat (Kementerian Da - lam Negeri) segera mengi rim - kan blangko e-KTP lagi. Se - hingga kami bisa melayani warga dengan optimal,” kata Kepala Disdukcapil Kota Sala - tiga Bustanul Arifin kemarin.

Menurut dia, stok blangko e-KTP yang masih ada akan habis awal Juni nanti. Namun, sampai saat ini Disdukcapil Kota Salatiga belum memper - oleh informasi kapan akan per - oleh blangko tahap kedua dari Kementerian Dalam Negeri. Saat ini dalam pencetakan e-KTPpetugaspencetaksa ngat berhati-hati. Petugas pen cetak telah diinstruksikan tidak me - ngedepankan kece patan, teta - pi fokus pada kecer matan di saat melakukan ak tivitas pen - ce takan agar tidak terjadi ke sa - lahan.

“Yang jelas, dalam pe n - ce takan tidak boleh ada ke sa - lahan,” ucap Bustanul Arifin. Kasi Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Salatiga Ro - nald Tobing menambahkan, setiap hari petugas pencetak hanya bisa mencetak seba - nyak sekitar 65 -75 blangko. Sebab, petugas menerapkan sistem kehati-hatian untuk menekan kesalahan. Dia ber - harap warga bisa memaklumi kondisi ini. Jika terjadi kesa - lahan dalam pro ses pence tak - an maka blangko yang telah dicetak tidak ter pakai.

angga rosa

Berita Lainnya...