Edisi 12-05-2017
Guru Ngaji Akan Diberi Insentif Dari APBD


PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pur wo - rejo berencana akan memberi uang insentif kepada para pengajar Alquran atau guru ngaji di wilayah Kabupaten Purworejo.

Rencana pemberian insentif kepada para guru ngaji bahkan akan dimulai pada tahun ang - garan 2017 ini. Kepala Bagian Kesra Setda Pur worejo Bambang Sadyo Has tono mengatakan, tahun ini Pemkab Purworejo akan mem berikan insentif kepada guru ngaji. Kebijakan itu bentuk penghargaan Pemkab Pur - wo rejo kepada mereka yang be - rada di garis terdepan dalam men didik karakter yang unggul dan berakhlak mulia.

“Besar an - nya belum kami hitung. Saat ini kami sedang mendata jumlah guru ngajinya,” kata dia ke ma - rin. Menurut Bambang, pemberian insentif kepada guru ngaji diusulkan pada anggaran perubahan 2017 dan diharapkan terealisasi tahun ini. Ang - garan ini akan dikelola oleh Kan tor Kementerian Agama.

Bambang mengakui pada ta hap awal pemkab setempat ti dak akan memberikan nominal yang besar, namun dia berjanji ke depan kemungkinan nominalnya akan lebih besar. Bambang menegaskan, Ta - man Pendidikan Alquran di ra - sa cukup efektif untuk mem - ban tu pemahaman terhadap pen didikan agama anak. “Lem - baga pendidikan Alquran, TPQ, merupakan lembaga yang disiapkan bagi para calon generasi Islam untuk mencintai dan mengamalkan Al qur - an,” kata Bambang.

Kepala Badan Pendapatan dan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabu - pa ten Purworejo Pram Pra se - tyo Ahmad menjelaskan, rencana anggaran untuk intensif gu ru ngaji akan diambilkan pa - da pos belanja anggaran pe ru - bahan 2017. Dia menjelaskan, sudah ada pos belanja untuk Program Anak Beriman yang berada di Dinas Pendidikan dan Olah ra - ga (Dikpora).

“Saat ini mekanismenya se - dang kami godok. Namun, yang pasti tidak akan terjadi du plikasi anggaran belanja un - tuk Program Anak Beriman di Dikpora. Besar kemungkinan ini akan diambilkan dari pos hibah APBD 2017,” jelas Pram kepada KORAN SINDO kema - rin.

Menurut Pram, rencana pemberian insentif guru ngaji akan bekerja sama dengan Ke - menterian Agama (Kemenag) Purworejo. “Kemungkinan ini akan diambilkan dari anggaran Kemenag dan bentuknya hi - bah,” kata Pram. Para calon pe - nerima akan mendapatkan su - rat keputusan atau SK dan mem buat rekening bank.

hery priyantono


Berita Lainnya...