Edisi 19-05-2017
Sinar Mas Bangun Digital Hub di BSD City


TANGERANG – Indonesia tidak lama lagi akan memiliki pusat teknologi digital terbesar seperti Silicon Valley di San Jose California, Amerika Serikat. Lokasi pembangunan yang berada di wilayah BSD City, Kabupaten Tangerang nantinya diberi nama Digital Hub .

Nantinya, Digital Hub akan menjadi tempat berkumpulnya start up company , tech leader , dan komunitas digital yang ada di Indonesia. Digital Hub juga digadang-gadangkan sebagai new digital economy yang akan diperhitungkan di Indonesia. “Digital Hub merupakan inovasi terbaru dari Sinar Mas Land, untuk mengakomodasi perkembangan industri informasi dan teknologi digital yang pesat di Indonesia,” kata Michael Widjaja, CEO Sinar Mas Land, saat peletakan batu pertama Digital Hub, di BSD City, kemarin.

Pembangunan kawasan Digital Hub , tidak hanya untuk menunjang kegiatan operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi dan digital, tetapi juga institusi pendidikan yang bergerak dalam bidang information technology (IT), sains , dan industri kreatif, seperti film dan games .

“Keberadaan Digital Hub akan mempercepat terbentuknya ekosistem berbasis IT dan teknologi digital seperti yang terjadi di Silicon Valley Amerika Serikat,” sambung Michael. Digital Hub dibangun di bagian selatan Green Office Park, BSD City, di atas lahan seluas 25,86 hektare. Investasinya sendiri mencapai Rp7 triliun.

Pembangunan infrastruktur yang dimulai pada 2017 ini ditargetkan selesai 2019 mendatang. Agar mirip dengan Silicon Valley, Amerika Serikat, kata dia, Sinar Mas Land menggandeng NBBJ konsultan terkemuka dari Amerika Serikat yang biasa mendesain sejumlah kantor perusahaan teknologi dunia, seperti Microsoft , Amazon, dan Samsung.

“Dengan konsultan arsitektur yang sangat berpengalaman dan mumpuni maka kawasan Digital Hub akan menjadi tempat yang nyaman bagi para pekerjanya, dan dipastikan suasananya akan kental dengan nuansa teknologi,” sambungnya. NBBJ Partner in Charge Asia Eric Philips menambahkan, Digital Hub akan dikembangkan dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana dan prasarana bisnis, ritel dan gaya hidup.

“Keberadaan berbagai fasilitas, tersebut memperkuat peran Digital Hub sebagai lokasi sentra usaha dan tempat strategis bagi perusahaan teknologi, start up companies , dan komunitas digital,” kata Eric. Meski pembangunan Digital Hub baru masuk tahap pertama, sejumlah penyewa seperti Huawei , Apple Research and Development Center , My Republic, Sale Stock, Orami, Evhive , Purwadhika, Geeks Farm , dan Plug and Play sudah menyatakan kesiapannya berkantor pada 2019.

Chief Officer Technology Sinar Mas Land Irvan Yasni menjelaskan, selain perusahaan- perusahaan IT, Digital Hubjuga ditunjang oleh hadirnya lembaga-lembaga pendidikan berbasis IT yang juga akan berkontribusi dalam pembangunan ekosistem di kawasan Digital Hub . “Kami telah bekerja sama dengan Geeks Farm , sebuah lembaga pendidikan IT yang menawarkan pelatihan dalam bidang programming bagi masyarakat, mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Geeks Farm juga akan menyediakan pelatihan gratis bagi anak 18 tahun ke atas yang tidak mampu agar melanjutkan kuliah. Anakanak itu akan dididik menjadi programmer untuk ditempatkan di perusahaan klien dalam pembangunan kawasan Digital Hub .

“Sinar Mas Land juga bekerja sama dengan Purwadhika Startup & Coding School sebagai institusi pendidikan yang menawarkan beragam program pendidikan dan pengetahuan tentang dunia teknologi informasi, khususnya di bidang startup dan keahlian coding ,” kata dia. Untuk menunjang itu, Sinar Mas Land juga telah menjalin kerja sama dengan Huawei dalam menyediakan jaringan fiber optic , sebagai pemasok perangkat telekomunikasi dan teknologi jaringan komunikasi terbesar di dunia.

Menanggapi pembangunan Digital Hubdi wilayahnya tersebut, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menegaskan, pemerintah daerah sangat mendukung pengembangan pembangunan Sinar Mas Land dalam membuat Digital Hub . “Digital Hub ini luar biasa sekali, mudah-mudahan jadi ikon Indonesia. Kami akan mempermudah perizinan-perizinannya. Pemerintah daerah 1.000% mendukung Digital Hub,” tegas Zaki.

hasan kurniawan




Berita Lainnya...