Edisi 19-05-2017
BRI Perkuat Layanan Jasa Keuangan


JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Asuransi Jiwa Bumiputera (AJ Bumiputera) melakukan kerja sama layanan jasa keuangan (cash management).

Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan oleh Direktur Kelembagaan BRI Kuswiyoto dan Direktur Utama AJ Bumiputera Wiroyo Karsono. ”Pada tahap awal kerja sama ini BRI menyediakan layanan cashmanagement berupafasilitas BRI Virtual Account (Bri-va).

Dengan Briva kantor wilayah ataupun kantor cabang PT AJ Bumiputra yang tersebar di 25 wilayah dan 365 cabang di seluruh Indonesia, secara realtime dapat mengakses data pembayaran premi yang masuk di rekening masing-masing wilayah dan cabang,” ujar Direktur Kelembagaan BRI Kuswiyoto usai penandatanganan kerja sama di Jakarta kemarin.

Dia mengatakan, penggunaan layanan Briva oleh AJ Bumiputera bukan hanya akan menambah fee base income bagi BRI, tetapi juga menambah peluang perseroan mengoptimalkan potensi pasar melalui jaringan nasabah AJ Bumiputera yang juga tersebar di berbagai penjuru Indonesia. ”Sejalan dengan moto kami, yaitu melayani dengan setulus hati, tentu BRI akan memberikan layanan prima kepada para nasabah PT AJ Bumiputera,” kata Kuswiyoto.

Menurut Kuswiyoto, sinergi keduanya akan memberikan manfaat yang optimal bagi nasabah, dan para agen baik agen BRILink ataupun agen AJB. Terlebih, saat ini BRI memiliki 150.000 agen BRILink di 75.000 desa. ”Jadi satu desa ada 2 agen BRILink di sana. Silakan kalau AJB mau menjadikan agen BRI-Link sebagai agen AJB.

Silakan, biar agen mendapatkan penghasilan lebih,” paparnya. Sementara Direktur Utama AJ Bumiputera Wiroyo Karsono mengatakan, penggunaan Briva memberikan kemudahan akses pembayaran premi bagi para nasabahnya. Hal ini mengingat BRI serta perseroan memiliki jaringan yang tersebar luas di berbagai pelosok Indonesia.

”Kami terus berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah dalam hal pembayaran premi atas polis-polis asuransinya karena akses untuk melakukan pembayaran tersebar luas di jaringan BRI di seluruh Indonesia,” jelasnya. Dia menambahkan, dengan kemudahan dalam hal pembayaran premi asuransi kepentingan nasabah lebih terlindungi karena polis yang dimiliki akan terus hidup hingga polis jatuh tempo atau ketika terjadi suatu risiko.

Menurut Wiroyo, kerja sama layanan cash management ini merupakan langkah perdana bagi AJ Bumiputera dan BRI dalam menjajaki sinergi yang menguntungkan kedua pihak pada masa mendatang. Ke depan perseroan akan menjajaki berbagai layanan keuangan yang dimiliki BRI, misalnya autodebet rekening untuk pembayaran premi, mengoptimalkan BRILink, atau berbagai bentuk kerja sama lain.

Selain itu, kerja sama ini menciptakan peluang bagi PT AJ Bumiputera untuk melayani kebutuhan asuransi para nasabah BRI. ”Kerja sama cash management ini diharapkan menjadi langkah awal untuk melakukan sinergi yang bermanfaat bagi PT AJ Bumiputera dan Bank BRI ataupun bagi para nasabah dan pemangku kepentingan lain,” katanya.

rakhmat baihaqi