Edisi 19-05-2017
Yakin Taklukkan Le Mans


LE MANS– Marc Marquez siap menghadapi pertarungan di Sirkuit Le Mans akhir pekan ini. Pembalap Honda itu yakin bisa kembali ke jalur kemenangan setelah kalah dari rekan setimnya di Sirkuit Jerez dua pekan lalu.

Sirkuit Le Mans memiliki tantangan berbeda dibandingkan sebagian besar lintasan lain dalam kalender MotoGP. Apalagi, Marquez memiliki rekor kurang baik selama balapan di lintasan itu. Pembalap asal Spanyol itu hanya menang sekali dalam empat tahunnya di MotoGP. ”Le Mans itu khusus dan berbeda dari banyak layoutlain di kejuaraan ini.

Sirkuit ini sangat sempit, lintasan pendek, dengan banyak tikungan stop and go. Le Mans kebalikan dari Sirkuit Montmelo (Sirkuit de Catalunya), tapi masih sangat menyenangkan,” kata Marquez, dilansir Crash. Sirkuit Le Mans sebenarnya telah ditata ulang. Sirkuit ini menyediakan lebih banyak gripbagi para rider.

Namun, Michelin beserta beberapa tim sudah melakukan tes beberapa bulan lalu. Dengan adanya gangguan cuaca, Honda menjadi satu-satunya tim yang melewatkan peluang tersebut. Kondisi itu membuat mereka kekurangan data tentang permukaan baru di lintasan.

Permukaan baru lintasan ini berpeluang memberikan masalah bagi para riderHonda dengan karakter agresif RC213V mereka yang dikenal bekerja lebih baik di sirkuit yang agak kurang grip. Kondisi ini yang membuat mereka kerap kalah dibandingkan rival-rivalnya.

”Permukaannya baru dan kami akan mendapatinya Jumat (19/5). Kami harus menunggu dan melihat bagaimana laju di sana nanti. Tahun ini bahkan lebih sulit membuat prediksi. Kami hanya harus melanjutkan apa yang telah kami lakukan pada raceterakhir dengan bekerja keras dan mentalitas yang tepat karena kejuaraan ini sekali lagi sangat ketat,” ungkap Marquez.

raikhul amar