Edisi 19-05-2017
Kendurkan Ketegangan dengan Berwisata


Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 telah tiba di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kemarin. Tim asuhan Fachri Husaini yang sedianya akan menjalani uji coba internasional perdana melawan timnas Filipina U-16 dan salah satu tim Piala Soeratin DIY, yakni PSS Sleman U- 17 pada Minggu (21/5) itu tidak langsung menggelar latihan.

Mereka memilih berwisata dulu di Kota Gudeg. Sejumlah objek wisata pun menjadi tujuan tim Garuda Muda itu, mulai Museum De Mata XT Square hingga Candi Prambanan. Tim sendiri direncanakan menjalani latihan pada keesokan harinya. Belum diketahui jadwal pasti tim ini akan berlatih perdana di DIY.

Begitu pula dengan tempat latihan yang akan digunakan, tapi besar kemungkinan menggunakan Maguwoharjo International Stadium (MIS) yang akan menjadi tempat uji coba internasional nantinya. ”Belum ada latihan biar anakanak refreshing dulu supaya tidak tegang dan berimbang dengan latihan.

Apalagi, di DIY juga tidak lama karena setelah uji coba langsung kembali ke Jakarta pada 22 Mei 2017,” ujar Fachri seusai tiba di Bandara Internasional Adisutjipto Sleman, DIY, kemarin. Di sisi lain, kedatangan skuad timnas kali ini sebenarnya tidak hanya untuk mempersiapkan laga melawan Filipina semata, tapi juga laga lain.

Ada empat uji coba internasional yang sudah dirancang tim pelatih jelang Piala AFF U-16 di Thailand pada 9-22 Juli 2017, termasuk di dalamnya melawan Singapura pada 8 Juni 2017 dan menghadiri undangan turnamen mini di Vietnam pada 14-20 Juni 2017. ”Selain Filipina, ada dua sampai tiga uji coba internasional lain yang juga kami rancang.

Seperti melawan timnas Singapura sekitar 8 Juni 207 dan (menghadiri) undangan turnamen mini di Vietnam. Di ajang itu, ada empat negara yang ikut serta (rencananya),” tutur pria yang pernah menjadi kapten timnas Indonesia senior itu.

Perihal dua laga yang akan dilakoni dalam waktu dekat ini tidak ideal. Sebab, skuad harus menjalani dua laga secara bersamaan. Pertama melawan timnas Filipina U-16 pada pukul 16.00 WIB kemudian melawan PSS Sleman U-17 pada pukul 19.00 WIB. Dia menilai, dalam sehari seharusnya armadanya menjalani satu pertandingan saja.

SITI ESTUNINGSIH

Sleman