Edisi 19-05-2017
Persegres Bidik Momentum Kebangkitan


BANJARMASIN– Sepak terjang Persegres Gresik United pada Liga 1 masih dipandang sebelah mata. Baru menuai satu kemenangan dari enam pertandingan membuat tim berjuluk Laskar Jaka Samudera masih diragukan bisa bersaing, salah satunya ketika berkunjung ke markas Barito Putera sore ini.

Di Stadion 17 Mei, hasil yang dituai Persegres akan menjadi parameter apakah tim ini memang sudah siap bersaing. Sebab, kemenangan 2-1 atas Persiba Balikpapan di laga sebelumnya dianggap belum meyakinkan untuk menjadi ukuran kualitas tim besutan Hanafi. Jika bisa meraih angka dari Kalimantan Selatan, Persegres bisa dikatakan mengalami progres sedikit menjanjikan. Namun, jika kembali tersungkur, langkah Patrick da Silva dkk bakal semakin berat karena pekan-pekan berikutnya dihadang tim-tim tangguh. Hanafi sebenarnya cukup menyadari kekuatan yang dia miliki tidak semewah tuan rumah. Pelatih asal Malang itu mengatakan, timnya butuh performa luar biasa untuk bisa memenangkan pertandingan.

Jika toh kemenangan tak bisa diraih, satu poin sudah dianggap cukup. ”Kekuatan Barito Putera lebih baik dari Persegres. Kami datang bermodal semangat dan permainan kolektif, semoga Persegres bisa mendapatkan poin. Kalau memang terlalu sulit untuk menang, satu poin saya rasa sudah cukup. Yang penting kami bisa pulang membawa poin,” tutur Hanafi.

Menyoal kekuatan milik tuan rumah, Hanafi mengatakan bahwa Barito memiliki kecepatan dalam permainan dan itu menjadi salah satu yang akan diantisipasi pihaknya. Lini pertahanan tidak boleh lengah dalam mengawasi pergerakan pemain lawan, terutama dari sektor sayap. Hanafi tidak akan terkecoh dengan derita Barito Putera yang menelan tiga kali kekalahan secara beruntun kala melawan Arema FC, PS TNI, serta Sriwijaya FC.

Menurut dia, pertandingan lawan Persegres bisa dijadikan momentum kebangkitan bagi tuan rumah. ”Mereka bisa lebih bersemangat karena sudah tiga kali kalah dan Persegres dipandang sebagai tim papan bawah. Saya rasa wajar kalau Barito ingin mengalahkan Persegres untuk menambah poin. Saya berharap Persegres bisa membuktikan dirinya bukan tim untuk kalahkalahan saja,” tandas Hanafi.

kukuh setyawan