Edisi 19-05-2017
Ponsel Dengan Desain Teraneh


PERUSAHAAN perangkat telepon seluler (ponsel) terus mencoba menghadirkan ponsel yang unik dan inovatif kepada konsumen. Namun, tak semuanya bisa diterima konsumen.

Ada yang menilainya terlalu aneh, berlebihan, dan tak enak dipandang. Untuk mengingatkan Anda kembali, berikut sepuluh ponsel paling aneh yang pernah dibuat.

1.BLACKBERRY PASSPORT (2014)

BlackBerry Passport dibuat untuk mereka yang ingin membeli ponsel BlackBerry kelas lama dengan spesifikasi perangkat keras terbaru. BlackBerry berhasil menjawab tantangan itu dengan ponsel unik ini. Menurut situs Mobile Fun, The BlackBerry Passport secara harfiah memang berukuran seperti paspor. Ini memang terdengar keren, namun untuk sebuah ponsel, bentuknya dianggap terlalu besar. Meski memiliki keyboard yang bagus dan BlackBerry OS terbaru, ponsel ini tidak terlalu laku di pasaran dan tidak berhasil membuat perusahaan asal Kanada sebagai produsennya menjadi kaya raya seperti yang diharapkan.

2.SAMSUNG JUKE (2007)

Seperti namanya, ponsel ini ditargetkan untuk pencinta musik. Ponsel ini memiliki kemampuan untuk berbagai format musik dan bisa menyimpan musik hingga 2 GB. Tapi, yang paling menarik dari ponsel ini adalah desainnya yang unik, atau beberapa orang mengatakannya aneh. Ponsel ini memiliki fungsi untuk memutar display yang nantinya bisa membuka atau mengekspos keypad . Samsung Juke memang dirancang untuk menggabungkan MP3 ke telepon. Ponsel juga mampu menampung hingga 500 kontak dan hadir dengan pilihan 11 nada dering polifonik. Di masanya, kehadiran ponsel ini merupakan niat baik untuk memuaskan kebutuhan pencinta musik, namun desainnya sulit diterima.

3.NOKIA 7600 (2003)

Ponsel ini secara mengejutkan ditujukan untuk pasar mode. Nokia 7600 memiliki bentuk seperti tetes air mata yang unik dan berbagai macam cover yang bisa diubah. Tombol ketik terletak di sekitar layar. Pada masanya, kamera VGA yang dimiliki dinilai berkualitas baik, namun dianggap miskin oleh standar modern. Selain itu, nada deringnya juga dianggap cukup aneh. Desainnya bukan hanya dinilai sebagai kegagalan besar, tapi juga yang paling aneh sepanjang masa. Banyak orang yang bertanya-tanya apa yang mengilhami Nokia meluncurkan produk ini saat itu. Bentuknya yang aneh pun dinilai membuat pengguna sulit untuk mengetik pesan.

4.HAIER P7 PEN (2004)

Sesuai namanya, inilah ponsel yang didesain meniru bentuk pena. Ponsel ini bisa untuk melakukan panggilan, mengirim teks, dan melakukan apa pun yang dilakukan ponsel standar. P7 Pen Phone mungkin bukan ponsel paling sukses yang pernah dibuat, tapi dianggap menjadi salah satu yang paling aneh. Menu-menu di ponsel dinavigasi dengan joystick kecil dan directional pad . Ponsel ini mendapatkan pujian untuk desainnya yang dinilai keren.

5.MONOHM RUNCIBLE (2015)

Awalnya perusahaan ingin mengembangkan ponsel pintar yang menyerupai jam tangan saku seperti era masa lampau. Ponsel berbentuk lingkaran ini memiliki display di depan, kamera di bagian belakang dan fitur penting lainnya untuk konsumen saat ini. Ponsel ini memang terlihat unik dan cantik, namun bisa juga dianggap salah satu ponsel paling aneh sepanjang masa.

6.THE GOLDEN BUDDHA (2009)

Inilah yang terjadi ketika tim agama dan teknologi bersatu untuk memproduksi ponsel. Hasil akhirnya cukup aneh. Ponsel ini seperti memiliki tempurung kerang berwarna emas dengan kamera, layar LCD, dukungan kartu dual SIM, dan ruang berdoa virtual. Meski terlihat aneh, ponsel ini menjadi salah satu ponsel termahal yang dikembangkan di China. Ponsel yang terbuat dari batu giok, pernis bubuk mutiara, dan dilapisi emas 24 karat ini dihargai USD1.750 (Rp23,3 juta). Ponsel suci ini sempat memenangkan lomba ponsel paling unik sekaligus paling aneh.

7.NOKIA 7280 (2004)

Nokia 7280 dipandang modis, namun menghadapi tantangan tersendiri. Sebagai bagian dari fashion phone, ponsel ini memiliki warna hitam, putih, dan merah, serta layar yang berubah menjadi cermin saat tidak aktif. Meski desainnya mampu menghasilkan hype di dunia mode, sekarang justru dianggap sebagai salah satu ponsel paling aneh yang pernah dibuat. Ponsel berbentuk lipstik ini tidak menyertakan pad untuk nomor atau layar sentuh, namun mengandalkan semacam “roda”. Hal ini membuat penggunanya merasa kesulitan atau tak nyaman saat mengetik pesan. Ujung-ujungnya, ponsel ini hanya digunakan untuk telepon dan mendengarkan MP3. Meskipun demikian, telepon ini dipuji sebagai ponsel terbaik di masanya, bahkan memenangkan penghargaan desain pada 2004.

8.MOTOROLA V70 (2002)

Lima belas tahun lalu ketika ponsel ini diluncurkan dengan harga sekitar USD400 dengan fasilitas seperti dukungan GPRS dan tombol 360 derajat yang dapat diputar, orang mengira ini adalah desain yang inovatif. V70 memiliki desain berputar yang aneh, dengan keypad tersembunyi di balik penutup yang bisa berputar di sekeliling layar. Tampilannya memang ikonik, tapi gerakan tersebut membutuhkan waktu lama dan juga menurunkan keandalan ponsel. Desainnya yang ramping menjadikannya pilihan yang populer kala itu. Sayangnya desain itu tidak bertahan lama, bahkan membuatnya menjadi salah satu telepon yang paling aneh dalam sejarah.

9.SAMSUNG SERENE (2005)

Samsung Serene dengan keyboard melingkar diproduksi secara patungan antara Samsung dan Bang & Olufsen, perusahaan produsen barang mewah. Ponsel ini tidak jelek-jelek amat sebenarnya, namun produk ini dianggap cukup aneh untuk digunakan sebagai ponsel. Ia hadir dengan desain kotak perhiasan yang tidak biasa. Keypad -nya yang melingkar dirasa sangat menyakitkan untuk digunakan. Ponsel ini juga memerlukan beberapa waktu untuk dibuka. Baterai dan kartu SIM memerlukan obeng untuk mengakses, dan kamera terpasang di samping, yang membuat sulit untuk digunakan saat berfoto. Meski memiliki kekurangan, Serene merupakan desain ponsel pintar yang tak terlupakan.

10.NOKIA N-GAGE (2003)

Lagi-lagi Nokia berakhir gagal. Berusaha membuat ponsel yang ditujukan untuk para penggemar game, namun berakhir buruk. Ponsel gaming pertama yang diluncurkan pada 2003 ini menggunakan desain baru yang memungkinkan pengguna menavigasi menu dan bermain game dalam mode lanskap. Mampu memainkan game-game inovatif seperti Tomb Raider asli, perangkat dengan layar pixel 176 x 208 ini adalah salah satu display dengan warna terang dan berwarna. Ponsel ini juga memiliki pemutar MP3 dan lubang USB. Ini adalah ponsel yang berfokus pada generasi Y yang ingin pamer ke teman mereka. Ponsel ini tadinya hendak memikat para gamer dengan memasukkan fungsi ponsel di konsol genggam. Namun, N-Gage merupakan kegagalan instan, karena sebagian tombol yang dirancang untuk telepon ternyata tidak sesuai untuk gaming . Termasuk desainnya juga tidak tepat untuk digunakan sebagai telepon, sehingga menjadikannya salah satu ponsel yang paling aneh.

susi susanti