Edisi 19-05-2017
Cara Tepat Bersihkan Beauty Blender


BEAUTY blender merupakan aplikator make up berbahan spons berbentuk elips. Beauty blender yang kotor bisa membuat kulit wajah rusak dan memicu datangnya jerawat.

Menjaga kebersihan beauty blender merupakan hal yang penting dilakukan. Menurut Joyce Arta, perwakilan PT Duta Pesona Jaya, distributor beauty blender untuk Indonesia, beauty blender selama ini dikenal sebagai aplikator make up berbentuk elips dengan berbagai ukuran dan warna.

Menurutnya, selain dapat menyempurnakan make up , beauty blender juga bisa untuk mengaplikasikan foundation, contour, dan dapat menghemat waktu hingga 15 menit, terlebih saat ini setiap perempuan kerap dipadati berbagai aktivitas. Joyce menerangkan, beauty blender terbuat dari busa hydrophilic polyurethane nonlateks dan berteknologi open-cell structure sehingga mampu mengikat air dalam keadaan basah.

Dengan teknologi ini, spons beauty blender akan terkesan “penuh” sehingga produk kosmetik berada pada permukaan spons untuk mengurangi penyerapan produk dan menghemat pemakaian produk make up . “Anda bisa mengaplikasikan beauty blender dengan gerakan menepuk. Dengan gerakan ini, hasil riasan akan merata sempurna,” papar Joyce di Pacific Place, Jakarta, Jumat (28/4).

Sementara itu, menurut make up artist Adi Adrian, menggunakan beauty blender dengan permukaan yang landai untuk meratakan produk make up memiliki pengaruh cukup besar dalam membuat riasan menjadi sempurna. “Sebelum mengenal beauty blender , saya selalu menggunakan jari dan kuas sebagai aplikator.

Perbedaan dari penggunaan kuas, spons, dan jari terletak pada produk yang kita gunakan dan hasil akhir riasan. Jari dan kuas cocok untuk aplikasi make up di area tertentu. Penggunaan spons, khususnya beauty blender, adalah kunci hasil akhir riasan yang rata dan sempurna,” papar Adi. Untuk mendapatkan hasil riasan yang lebih sempurna, kebersihan beauty blender harus diperhatikan.

Apabila beauty blender jarang dibersihkan, akan menjadi sarang bakteri dan menyebabkan wajah rentan terhadap jerawat. “Idealnya, beauty blender dicuci setiap selesai penggunaan. Misal, pagi sebelum berangkat beraktivitas atau malam saat pulang beraktivitas. Sehari sekali pencucian,” ungkap Adi. Untuk membersihkan beauty blender , Adi menyarankan untuk menggunakan cairan khusus pembersih spons.

Tetapi jika tidak punya atau habis, bisa diganti dengan air hangat dan sampo bayi. “Saya biasanya menggunakan sampo bayi karena formulanya lembut dan pH ringan. Direndam sebentar, lalu tekan-tekan 5-6 kali,” kata make up artist dari 3 Make Up Artist ini. Setelah dicuci bersih, Adi menyarankan untuk mengeringkan beauty blender di tempat terbuka.

Setelah kering, baru ditempatkan kembali ke wadah spons atau beauty blender. Menurutnya, spons yang berkualitas baik seperti beauty blender biasanya bisa bertahan hingga tiga bulan jika dibersihkan dan disimpan di tempat yang tepat. “Jangan dibiarkan di tempat lembap karena bisa timbul jamur,” tandas Adi.

dwi nur ratnaningsih