Edisi 19-05-2017
Produk Panasonic Healthcare Dipasarkan GDN


PANASONIC Healthcare Co Ltd Japan (PHC) resmi menunjuk PT Gobel Dharma Nusantara (GDN) sebagai distributor sistem teknologi informasi medis (medical IT system ) di Indonesia.

Saat ini PHC melalui Divisi Medical Information System memiliki merek Medicom yang telah menjadi top brand di pasar medical IT system Jepang. Sistem ini mampu memfasilitasi dan mengintegrasikan sistem teknologi informasi untuk rumah sakit, klinik, apotek, laboratorium, penyedia asuransi kesehatan, institusi pemerintah, hingga layanan kesehatan pribadi.

Di Indonesia, Panasonic Gobel mengembangkan produk alat kesehatan melalui PT Panasonic Healthcare Indonesia (PHCI). Pada awalnya perusahaan ini memproduksi peralatan audio-video berupa video cassette recorder (VCR), dilanjutkan dengan memproduksi produk-produk TV-VCR combination , VCR-DVD player , multimedia display (MMD), video intercom , CD rom drive, camcorder C-VHS, dan digital camcorder (HDD,SD,CD).

Seiring perubahan tren produk audio-video dan perkembangan teknologi di bidang alat kesehatan, pada 2011 perusahaan ini mengubah bisnisnya dari produksi peralatan audio-video menjadi produksi alat kesehatan dan berganti nama menjadi PT Panasonic Healthcare Indonesia (PHCI), dengan produk awal berupa alat bantu dengar.

Dilanjutkan dengan produksi monitor medis (medical LCD monitor -2D/3D) untuk endoskopi dan operasi dan kamera gigi (dental intraoral camera). Sekarang PHCI juga menghadirkan berbagai alat kesehatan lainnya berupa alat ukur gula darah (glucose meter ) dan inkubator (incubator-heat dan CO2) untuk penelitian (kultur jaringan, inkubasi bakteri).

Selain itu, PHCI mulai memproduksi alat kesehatan biomedis dan penyimpanan obat berupa alat pendingin medis (medical freezers ) dan refrigerator farmasi (pharmaceutical refrigerators ), yang digunakan untuk preservasi vaksin dan obat untuk rumah sakit dan apotek. “Sebagai tahap awal, Panasonic Gobel melalui GDN akan memperkenalkan sistem antrean dan registrasi pasien (patient queuing and registration system ) yang dirancang khusus untuk Indonesia.

Ke depannya akan diikuti produk-produk medical IT system lainnya, seperti sistem e-rekaman medis (e-medical record/EMR system ) untuk rumah sakit dan pelayanan medis lainnya, sistem informasi untuk apotek (pharmacypharmacys system ), dan lain-lain,” ujar Rachmat Gobel, Chairman & Shareholder Panasonic Gobel Group, dalam keterangan tertulisnya.

anton c