Edisi 19-05-2017
Shopee E-Commerce Terbesar Di Indonesia


Sejak diperkenalkan pertama kali di Indonesia kurang dari dua tahun lalu, Shopee telah memiliki lebih dari 50 juta listings aktif dan menempati peringkat Top 1 Shopping App di Play Store dan App Store selama beberapa bulan terakhir.

Tidak mengherankan, Shopee kini didapuk sebagai perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia.Chris Feng, CEO Shopee, mengutarakan, pihaknya percaya kombinasi dari aplikasi mobile dan DNA fitur sosial yang kuat telah mendukung Shopee untuk mencapai posisi strategis ini lebih cepat dari yang diperkirakan.

Dia memahami pasar ini dengan baik dan senantiasa berupaya memberikan yang dibutuhkan konsumen di Indonesia guna mendapatkan pengalaman terbaik berbelanja melalui ponsel. “Saya sangat bangga bahwa kini Shopee diperhitungkan sebagai perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia dan wadah berbelanja terfavorit, baik di kota-kota besar maupun kecil, dari Sabang hingga Merauke,” katanya.

Bagi Shopee, salah satu kunci utama kesuksesan bisnis di Indonesia adalah peranannya sebagai pelopor aktivitas belanja melalui ponsel dan secara konsisten memfokuskan bisnisnya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja melalui ponsel yang mudah untuk pengguna. Sesuai riset yang dilaksanakan eMarketer, hal ini sangat penting, mengingat pertumbuhan penetrasi ponsel di Indonesia tinggi dan sangat pesat di antara negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Hingga kini Shopee menerima lebih dari 200.000 pesanan setiap hari (untuk transaksi produk fisik saja, di luar produk digital) di Indonesia, di mana lebih dari 90% pesanan ini berasal dari aplikasi di ponsel. Selain itu, Shopee memiliki pengguna yang berasal dari 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Lebih dari 80% pesanan yang diterima setiap hari berasal dari berbagai wilayah di luar Jakarta. Ke depannya, terang Chris, secara konsisten pihaknya akan melaksanakan beragam strategi berbasis pengguna, seperti program layanan gratis ongkos kirim dan festival belanja. “Selain itu, mewujudkan kolaborasi dengan rekanrekan strategis guna menghadirkan pilihan logistik dan metode pembayaran yang lebih bervariasi.

Saat ini kami sedang mempersiapkan kampanye belanja bulan Ramadan, di mana kami menargetkan untuk dapat melipatgandakan jumlah transaksi harian yang kami terima,” sebutnya. Selain di Indonesia, Shopee juga telah menunjukkan performa bisnis yang sangat baik di enam negara lain di kawasan ini. Pada April 2017, Shopee telah meraih total nilai transaksi (annualised GMV) mencapai lebih dari USD3 miliar di Asia Tenggara dan Taiwan.

Shopee adalah marketplace mobile-first terkemuka di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan, di mana semua orang dapat mencari, berbelanja, dan berjualan. Shopee merupakan sebuah platformyang khusus disesuaikan untuk kebutuhan pasar Asia Tenggara, yang menjadikan proses belanja online mudah, aman, dan fleksibel melalui sistem pembayaran dan dukungan sistem logistik yang kuat.

Tim Shopee percaya akan kekuatan transformasi teknologi. Ketika berbelanja melalui perangkat mobile menjadi “norma baru”, Shopee bertujuan mengembangkan platformini secara terusmenerus dan menjadikan Shopee sebagai tujuan pilihan e-commerce di kawasan Asia Tenggara.

rendra hanggara