Edisi 19-05-2017
Bisnis Oke, Sosial Oke


AKTRIS sekaligus pendakwah Oki Setiana Dewi semakin aktif merambah bisnis fashion .Di dunia entrepreneur tersebut, Oki memulai perjalanannya sejak 2014 sebagai desainer fashion dan pengusaha busana muslimah.

Tak hanya sukses berbisnis, Oki juga menunjukkan kepedulian kepada orang yang kekurangan lewat serangkaian kegiatan yang dia lakukan. Salah satunya terlibat dalam A Tile for Seville, yaitu program donasi untuk membangun masjid di Spanyol. Dalam bisnisnya, Oki membuat busana siap pakai yang kemudian diberi nama sama dengan namanya, yakni label Oki Setiana Dewi.

Bagi Oki, alasan dirinya terjun ke bisnis fashion , khususnya busana muslimah, adalah adanya prospek bisnis busana muslimah yang sangat menjanjikan. Lebih lanjut Oki menyatakan, hijab bukan lagi hal yang asing di mata publik. Bahkan baju syari yang dulu dilihat aneh, saat ini malah booming dan banyak yang suka. Hasilnya, baju panjang ini sekarang sudah bisa dan banyak dijumpai di beberapa tempat, termasuk di mal.

Tak puas dengan pencapaiannya di bidang fashion , Oki melebarkan sayap bisnis dengan membuka toko oleh-oleh yang diberi nama Surabaya Patata. Outlet yang terletak di Jalan Dharmahusada, Gubeng, Surabaya, itu dibuka bersama adik kandungnya yang juga YouTubers , Ria Ricis. Alumnus Universitas Indonesia ini mengatakan, pemilihan lokasi itu karena dinilai sebagai tempat yang strategis.

Apalagi akses ke sana juga mudah untuk dijangkau. “Senang banget, masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya sangat antusias menyambut outlet kami dan sangat mendukung kami. Semoga Surabaya Patata disenangi dan menjadi tren sebagai oleh-oleh dari kota ini, “ kata Oki, yang ditemui seusai menghadiri acara A Tile for Seville di kawasan Kuningan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tak hanya mengejar keuntungan lewat beberapa bisnis yang dijalaninya, Oki juga aktif terlibat dalam program A Tile for Seville. Keterlibatan Oki dalam program ini didasari keprihatinannya akan kondisi umat muslim yang berada di Sevilla, Spanyol. Bagaimana tidak? Di negara yang sangat besar dan terkenal hingga seantero dunia, umat muslim di sana tidak memiliki tempat ibadah alias masjid yang memadai.

Jadi, bersama organisasi Islamic Cultural Center di Sevilla, Spanyol, Oki mengajak umat muslim dunia untuk bisa mendukung terwujudnya pembangunan masjid di Negeri Matador tersebut. “Muslim di Sevilla menginginkan ada masjid karena mereka hanya ada musala. Itu pun sangat kecil di sebuah apartemen lantai dasar.

Hanya bisa buat salat, tidak bisa untuk sharing pikiran. Mereka kesulitan. Mereka memerlukan masjid,” ungkapnya. Hingga kini, dana yang terkumpul untuk pembangunan masjid tersebut sudah mencapai 1 juta euro. Meskipun terlihat banyak, warga Sevilla masih butuh lebih banyak donasi agar impian mereka selama ini bisa tercapai.

“Harga tanah di sana mahal sekali, bisa sampai 9 juta euro. Saat ini sudah terkumpul sekitar 1 juta euro, masih butuh lagi jumlah yang sangat banyak, butuh berjuta-juta euro untuk dapat membangun masjid,” ucap putri pasangan Sulyanto dan Yunifah Lismawati ini. Tak hanya artis Indonesia, artis dari negeri serumpun, Singapura dan Malaysia, turut bergabung.

Bersama Oki, mereka melakukan penggalangan dana dan mengajak masyarakat untuk turut ikut berdonasi. Oki mengimbau, jika memang penduduk muslim Indonesia ingin membantu memberikan donasi, bisa diberikan ke rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan nomor rekening BCA 5995220048 dan nomor rekening Permata Syariah yakni 0971144033. Masyarakat juga bisa membuka website www.atileforseville.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

thomasmanggalla