Edisi 19-05-2017
Expo Produk Internasional


PRODUSEN asal Taiwan memperkenalkan produk inovasi terbaru di bidang kesehatan melalui Taiwan Expo, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran itu diikuti oleh 98 perusahaan Taiwan yang bergerak di industri kesehatan termasuk bidang pengujian genetik, instrumen pemeriksaan kesehatan, sistem implan, produk perawatan bioteknologi dan sebagainya, yang memenuhi pavilion Taiwan Healthcare.

Salah satu inovasi terbaru yang diperkenalkan yakni metode precision medicine, atau suatu pendekatan pencegahan dan pengobatan penyakit, dengan memperhatikan faktor lingkungan, gaya hidup dan gen pasien secara individu. President of Taiwan Joint Commission of Precision Medicine, Prof. Chang Hang menjelaskan bahwa kegunaan precision medicineadalah supaya pemberian obat atau penanganan suatu penyakit yang diderita oleh pasien, tepat sasaran.

“Jadi misalnya ada dua orang yang mengidap penyakit yang sama, namun pemberian obat atau penanganannya berbeda satu sama lain. Tergantung dari kondisi tubuh, dan lainlain,” kata Chang. Dia lantas mencontohkan perusahaan LIHPAO Life Science Co., Ltd. yang menawarkan metode analisis, diagnostik, layanan terintegrasi, hingga pengetesan gen.

Dari upaya tersebut nantinya akan digunakan oleh tim dokter, saat menangani pasien jika terjangkit penyakit. Chang mengingatkan, bahwa saat ini banyak orang yang mengalami efek samping setelah meminum obat. Maka dengan adanya precision medicine, diharapkan hal-hal tersebut takkan terjadi lagi. Kemudian keuntungan selanjutnya, biaya pengobatan pun menjadi lebih murah.

rendra hanggara