Edisi 19-05-2017
Relawan Bersihkan 70 Masjid di Kota Medan


MEDAN - Puluhan relawan dikerahkan untuk membersihkan masjid- masjid di Kota Medan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan 1348 Hijriah (H).

Rencananya sebanyak 70 masjid di Kota Medan akan dibersihkan para relawan ini. Pantauan KORAN SINDO MEDAN di Masjid Al Jihad Jalan Abdullah Lubis Medan, Kamis (18/5), sejak jam 09.00 WIB, relawan sudah sampaidilapanganmasjiduntukmelakukanpekerjaannya. Bakmembersihkan rumah sendiri, setiap bagian masjid disapu, dipel dan dilap. Ketua Bidang Sosial dan Kemanusiaan Dewan Masjid Indonesia, Andi Mappaganty menuturkan, masjid adalah pusat kegiatan ibadah dan silaturrahim umat muslim sehari-hari. Kegiatan ini akan semakin bertambah saat bulan Ramadan.

“Karenanya diperlukan partisipasi masyarakat untuk ikut serta menyiapkan masjid menjadi lebih bersih dan nyaman,” ucapnya di sela kegiatan bertajuk Bersih-bersih 1001 Masjid di Masjid Al Jihad Medan, Kamis kemarin. Masjid yang bersih dan nyaman, kata dia, dapat mendukung para jamaah menjalankan ibadah dengan khusyuk, nyaman dan lancar untuk meraih kesempurnaan Ramadan. Dengan begitu, kegiatan ini mampu mewujudkan salah satu pilar penting bagi umat muslim, yakni menjaga kebersihan. “Ini untuk menjaga kebersihan lahiriah maupun batiniah,” tuturnya.

Governance and Corporate Affairs Director and Corporate Secretary PT Unilever Indonesia Tbk, Sancoyo Antarikso menuturkan, kegiatan bersihbersih masjid di Masjid Al Jihad merupakan kegiatan ke 61 yang dilakukan di Medan. Kegiatan serupa, telah dilakukan sejak 21 April 2017. “Menyusul ada 9 masjid lagi yang akan dibersihkan oleh relawan kita,” ungkap dia. Kegiatan ini, terang Sancoyo, tidak hanya dilakukan di Medan, namun juga di seluruh Indonesia. Targetnya, kegiatan bersih-bersih masjid akan dilakukan di 1001 masjid yang ada di Indonesia hingga sebelum Ramadan tiba. “Ini (kegiatan) kita lakukan untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin memberikan kontribusi positif bagi masjid di sekitar tempat tinggal mereka,” bebernya.

Unilever bersama dengan Dewan Masjid Indonesia serta sejumlah pengurus masjid berhrap, kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan masjid. Sehingga dapat menumbuhkan rasa peduli dan kecintaan kepada masjid di sekitar tempat tinggal.

Siti amelia

Berita Lainnya...