Edisi 19-05-2017
Selektif Pilih Nasabah, Kredit Bank Mestika Menurun


MEDAN - Bank Mestika mencatat penurunan dalam penyaluran kredit tahun 2016. Tahun 2015, satu-satunya bank yang berpusat di Medan ini berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp7,110 triliun. Namun tahun 2016, turun menjadi Rp6,288 triliun.

Presiden Direktur PT Bank Mestika Dharma Tbk, Achmad Suherman Kartasasmita mengatakan, secara umum penyaluran kredit Bank Mestika turun signifikan 12%. Kondisi ini terjadi karena bank lebih selektif mengucurkan kredit. “Memang sudah sejak tahun 2015 perkembangan ekonomi kurang baik. Karena itu, kami memasang target yang tidak terlalu besar. Tapi kondisi ini tentu tidak sesuai ekspektasi,” kataAchmadseusaiRapatUmum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mestika di Medan, Kamis (18/5).

Nasabah yang paling banyak terkena dampak penurunan ekonomi adalah nasabah pertambangan dan alat-alat berat. Banyak yang tidak mampu membayar utang. Begitu juga dengan industri pengolahan yang mengalami kemunduran. Belanja pemerintah juga belum terlalu agresif ditambah dengan kemampuan belanja masyarakat yang melemah. “Sejalan dengan menurunnya bisnis perkreditan Bank Mestika, laba juga menurun jadi Rp179,2 miliar atau 24,5%,” ujarnya. Meski begitu, pada saat yang sama dana pihak ketiga (DPK) tumbuhpesat.

Kondisiiniterjadi karena banyak pencairan dari nasabah untuk pembayaran amnesti pajak yang diparkir di deposito. DPK Bank Mestika naik 11% dari Rp6.998 triliun menjadi Rp7.769 triliun. “Bank Mestika juga berhasil membukukan kenaikan pada aset sebesar 12%, dari Rp9,4 triliun menjadi Rp10,5 triliun,” katanya. Corporate Secretary Bank Mestika, Afif mengungkapkan, dalam RUPS ditetapkan laba sebesar Rp60 miliar akan digunakan untuk pembagian dividen kepada pemegang saham sama dengan Rp14,67 per lembar saham.

Tahun ini, Bank Mestika juga akan meluncurkan mobile banking dan internet banking serta melakukan perluasan jaringan dan pangsa pasar, di antaranya ke Palembang, Bandung, dan Kisaran yang memberi potensi besar.

Siti amelia


Berita Lainnya...