Edisi 19-05-2017
Sibolga Daur Ulang Sampah Jadi Produk Ekonomis


SIBOLGA – Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) setempat menggelar lomba cipta kreasi daur ulang sampah menjadi produk ekonomis, Kamis (18/5), di Gedung Nasional Sibolga.

Lomba ini diikuti ratusan pelajar tingkat SD, SMP, SMA sederajat, serta ibuibu anggota TP PKK kelurahan sekota itu. Wakil Wali Kota Sibolga Edipolo Sitanggang dalam sambutannya mengatakan, pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat telah menimbulkan bertambahnya volume, jenis, dan karakteristik sampah yang semakin beragam. Semua ini harus dikelola dengan baik karena sampah merupakan persoalan serius perlu disikapi secara bijaksana. “Langkah terbaik mengurangi sampah adalah dengan mendaur ulang sampah. Selain bermanfaat menjaga lingkungan tetap bersih dan asri, mendaur ulang sampah juga bisa menjadi solusi mencari tambahan pendapatan keluarga, apabila produk yang dihasilkan itu bernilai ekonomis,” ujarnya.

Edi pun berharap Dinas PKPLH Sibolga mampu melaksanakan lomba cipta kreasi daur ulang sampah tingkat sekolah dan TP PKK se-Kota Sibolga secara berkesinambungan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungan-nya sejak dini. Melatih kesadaran mengelola sampah sejak dini bisa menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovatif dalam mendaur ulang sampah atau limbah. “Sampah yang didaur ulang bisa menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai ekonomis di masa mendatang,” tuturnya. Kepala Dinas PKPLH Pemko Sibolga Tumbur MT Harahap dalam laporan sebelumnya mengatakan, lomba cipta kreasi daur ulang sampah itu merupakan agenda rutin tahunan. Tujuan kegiatan itu meningkatkan kepedulian masyarakat melestarikan lingkungan hidup, khususnya di Kota Sibolga.

“Selain itu, juga untuk menumbuhkan gaya hidup hijau di masyarakat dengan menerapkan prinsip 3R, reduce atau mengurangi, reuse atau menggunakan kembali, dan recycle atau daur ulang, untuk menyelamatkan bumi dari sampah,” kata Tumbur.

Jonny simatupang





Berita Lainnya...