Edisi 19-05-2017
Susi Air Buka Rute ke Riau dan Sumbar


TAPANULI TENGAH –Maskapai penerbangan Susi Air resmi membuka rute penerbangan baru dari Bandara Ferdinan Lumbantobing (FL Tobing) Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Pembukaan rute baru ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat melakukan perjalanan. Rute baru tersebut dari Bandara FL Tobing menuju Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Bandara Pusako Anak Nagari dan ke Pekanbaru, Provinsi Riau, lewat Bandara Sultan Syarif Kasim II International Airport. Kepala Bandara FL Tobing Pinangsori, Tapteng, Ambar Suryoko mengatakan, rute baru penerbangan Susi Air ini dibuka sejak 24 April 2017 lalu, dengan menggunakan pesawat Susi Air jenis Grand Caravan. Jumlah penumpang untuk sekali penerbangan mencapai 12-14 orang. Rute baru ini merupakan rintisan dan akan dievaluasi selama enam bulan ke depan.

“Kalau itu tidak laku akan ditutup, tapi kalau laku, maka frekuensinya akan ditambah,” katanya kepada KORAN SINDO MEDAN, Kamis (18/5). Adapun jadwal layanan penerbangan rute baru Susi Air, Tapteng-Pasaman-PekanBaru ini sebanyak tiga hari dalam sepekan. Untuk Senin dengan rute Tapteng (Sibolga)-Pasaman- Pekanbaru. Selasa dengan rute Pekanbaru-Pasaman-Tapteng (Sibolga) dan Jumat dengan rute Tapteng (Sibolga)- Pasaman-Pekanbaru-Pasaman- Tapteng (Sibolga). “Rinciannya untuk jadwal Senin pukul 13.50 WIB dengan tarif Rp544.800. Kemudian Selasa pukul 09.30 WIB dengan tarif Rp569.800 dan Jumat rute pertama pukul 09.20 WIB dengan tarif Rp544.800 serta tarif kedua pukul 11.30 WIB Rp569.800. Sementara untuk detail harga Sibolga-Pasaman Rp291.200 dan Pasaman- Sibolga Rp253.600,” ujarnya.

Dengan tambahan rute baru ini, Bandara FL Tobing, Pinangsori, Tapteng, telah mampu melayani sejumlah daerah di Indonesia, yakni Medan (Sumatera Utara), Jakarta (Jawa), Nias (Sumatera Utara), Pasaman (Sumbar), dan Pekanbaru (Provinsi Riau). Terutama untuk Susi Air selama ini hanya melayani rute penerbangan Bandara FL Tobing, Pinangsori- Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan (Nias), Pulau Nias. Namun sejak 24 April 2017 tersebut, rute penerbangan perusahaan milik Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti itu bertambah. Pihak Susi Air berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas jasa layanan rute baru penerbangan Susi Air lewat Bandara FL Tobing, Pinangsori, ataupun lewat kedua bandara lainnya tersebut.

Sebab pembukaan rute baru itu dilakukan untuk memudahkan masyarakat melakukan perjalanan dari dan ke Tapteng (Sibolga)- Pasaman (Sumbar)-Pekanbaru (Riau). Ambar tidak memungkiri sejak rute baru itu dibuka mulai 24 April 2017 lalu, tingkat okupasi penumpang masih sangat minim atau jauh dari harapan. Dia berharap penumpang akan semakin meningkat. Anggota DPRD Tapteng, Espiner Siringo-ringo, menyambut baik pembukaan rute layanan penerbangan Susi Air ke daerah lain lewat Bandara FL Tobing, Pinangsori, Tapteng.

Dia berharap rute baru itu mampu bertahan demi kemajuan Bandara FL Tobing dan daerah Tapteng. “Harapan kami hanya satu, pemerintah pusat kiranya tetap memberikan perhatian terhadap kemajuan bandara ini,” katanya.

Jonny simatupang




Berita Lainnya...