Edisi 19-05-2017
Kontraktor Tambang Gugat BBWSO


YOGYAKARTA – Kontraktor pertambangan, PT Surya Karya Setiabudi (SKS), menggugat Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSO) DIY di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Yogyakarta, kemarin.

PT SKS meminta agar surat teguran yang dikirim BBWSO dibatalkan karena salah alamat. BBWSO sendiri melayangkan surat teguran terhadap PT SKS yang sedang melakukan aktivitas penambangan material bukan logam di Sungai Bebeng Anak Kali Progo Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Yacob Richwanto, Kuasa Hukum PT SKS, mengatakan, surat teguran dari BBWSO salah alamat. Pasalnya, sebelum melakukan aktivitas, kliennya telah mengantongi izin dari Badan Penanaman Modal Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam izin tersebut sudah terdapat rekomendasi dari BBWSO dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah. “BBWSO menegur klien kami dengan alasan ada aduan dari masyarakat. Padahal, masyarakat di sana tidak ada masalah. BBWSO juga menuding kliennya tidak pernah minta rekomendasi teknis dari mereka. Padahal, rekomendasinya sudah ada,” kata Yacob, kemarin. Karena itu, dalam gugatan yang dibacakan di PTUN Yogyakarta, penggugat meminta pembatalan atas surat teguran dari BBWSO. Selanjutnya, meminta mewajibkan tergugat untuk mencabut surat teguran. “Kami minta majelis hakim menyatakan batal atau tidak sah surat yang diterbitkan tergugat tertanggal 14 Maret 2017, “ katanya.

Menurutnya, penggugat melakukan usaha di bidang penambangan tanpa ada keberatan dari masyarakat setempat maupun pemerintah. Justru masyarakat dan pemerintah mendukung kegiatan tersebut. Dengan adanya surat teguran ini, penggugat sangat dirugikan, baik secara material maupun formal. “Padahal, senjatanya, tergugat telah mengeluarkan rekomendasi No HK0601-A3/013 yangdibuatpada 4Oktober2016. Jika teguran dengan alasan laporan masyarakat, justru masyarakat dan pemerintah mendukung penambangan ini,” ujarnya.

M Rusdianto, Ketua Rekomendasi Teknis BBWSO DIY, mengaku akan menyiapkan jawaban atas gugatan PT SKS pekan depan. “Hari ini belum siap. Kita siapkan minggu depan,” ucapnya.

Sodik

Berita Lainnya...