Edisi 19-05-2017
Stok Beras dan Daging Aman


YOGYAKARTA – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemda DIY mengimbau masyarakat tidak panik dan membeli dalam jumlah besar menghadapi Ramadan dan Lebaran.

Stok kebutuhan pokok, termasuk beras dan daging sapi aman sampai Lebaran. Anggota TPID DIY dari Dinas Pertanian DIY Maman Suherman mengatakan stok beras di DIY saat ini 25.000 ton dan kebutuhan beras di DIY ratarata 4.000 per bulan. Artinya stok yang ada saat ini masih mencukupi sampai lima bulan ke depan. Menurut dia, DIY pada April lalu, sudah panen padi di lahan seluas 8.194 hektare. Sedangkan yang tanam pada April diperkirakan panen pada Juni seluas 36.500 hektare. “Jadi kita akan mempunyai stok sebanyak 182.500 ton. Jumlah yang sangat melimpah,” kata Maman, kemarin.

Maman mengatakan, untuk pasokan daging sapi di DIY dipastikan melimpah. Saat ini jumlah sapi yang diternakkan di seluruh DIY sampai saat ini mencapai 11.254 ekor. Padahal kebutuhan setiap rumah pemotongan hewan (RPH) per hari hanya 50-60 ekor sapi. “Artinya jumlah ini (11.254 ekor) melebihi kebutuhan daging sapi di DIY,” katanya. Menurut dia, untuk harga daging sapi di pasaran DIY berkisar antara Rp113.000 sampai Rp130.000 per kilogram (kg). Menjelang Ramadan dan Lebaran diprediksi mengalami kenaikan.

Namun, hal tersebut bisa diatasi misalnya dengan tidak membeli secara berlebihan. Pengarah TPID DIY Gatot Saptadi mengatakan, Pemda DIY akan melakukan operasi pasar daging sapi beku di sejumlah daerah. Harganya tentu lebih murah. Langkah ini sebagai upaya menstabilkan harga. “Daging sapi murni atau beku itu hanya masalah selera,” kata dia. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY ini mengimbau masyarakat tidak panik dengan membeli komoditasdalamjumlahyangberlebihan. “Kami mengimbau warga untuk tidak panic buying atau membeli barang secara berlebihan menjelangRamadandanLebaranagar tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan pasokan bahan pangan di DIY dipastikan aman dan tercukupi. “Masyarakat tidak perlu khawatir tidak kebagian karena stok bahan pangan mencukupi. Beli yang wajar saja,” ujarnya. Gatot mengatakan, berdasarkan pemantauan TPID Pemda DIY terhadap hargaharga kebutuhan pokok di kabupaten/ kota di DIY sejauh ini masih stabil. Kalaupun ada kenaikan harga masih dalam posisi yang wajar. “Tidak ada gejolak harga,” katanya.

Ridwan anshori



Berita Lainnya...