Edisi 19-05-2017
Eldin Apresiasi Kanal Pendaftaran BPJS


MEDAN– Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengapresiasi terobosan yang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Utama Medan dengan membuka kanal layanan pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Layanan ini ada di seluruh kantor kecamatan di Kota Medan. Selain mempercepat cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan, terobosan ini dapat mengurangi antrean pendaftaran. Eldin pun menginstruksikan kepada seluruh camat dan lurah agar membantu petugas BPJS Kesehatan. “Sehingga semakin banyak lagi warga Kota Medan yang tercover dan menjadi peserta BPJS Kesehatan,” kata dia pada penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPJS Kesehatan dan Pemko Medan tentang pendaftaran peserta JKNKIS melalui Kantor Kecamatan di Grand Liberty Jalan Putri Hijau Medan, Kamis (18/5).

Eldin berharap melalui kerja sama ini dapat membantu sekaligus mempermudah masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Apalagi selama ini jika mendaftar di Kantor BPJS Kesehatan, masyarakat harus antre panjang. Pendaftaran melalui kecamatan cukup mudah. Pihak BPJS Kesehatan telah menyiapkan dropbox di seluruh kantor kecamatan. Bagi wargayangbelumterdaftar, merekacukupmendatangi kantor camat di wilayah tempat tinggalnya masing-masing untuk melakukan pendaftaran.

“Saya minta camat dan lurah mendukung langkah yang dilakukan BPJS Kesehatan ini. Bantu dan permudah jika warga ingin mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Selain itu, saya juga minta kepada camat dan lurah untuk melakukan sosialisasi sehingga masyarakat benar-benar mengetahui manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan demikian, masyarakat dapat hidup sehat, produktif, dan sejahtera,” tandasnya. Penandatanganan penjanjian kerja sama ini dilakukan Eldin langsung dengan Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Medan Sudarto. Usai penandatanganan, Sudarto kemudian menyerahkan dropbox secara simbolis kepada Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis dan Camat Medan Deli, Ferry mewakili seluruh camat se-Kota Medan.

Sementara itu, Sudarto mengatakan jumlah warga yang terdaftar menjadi peserta JKNKIS di Kota Medan saat ini mencapai 1,7 juta jiwa atau hampir 70% dari jumlah total penduduk sekitar 2,4 juta jiwa. Peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar ini meliputi sektor formal, seperti pegawai negeri, perusahaan swasta, TNI/Polri.

Reza shahab


Berita Lainnya...