Edisi 19-05-2017
Warga Keluhkan Bau Tak Sedap


YOGYAKARTA – Keberadaan Hotel Premier Inn Satoria di Jalan Laksda Adisucipto Km 8 Sleman dinilai memberi berdampak negatif bagi warga RT 05 Dusun Corongan, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman.

Pernyataan tersebut diungkapkan A Indra Ariyadi Saputra, Ketua RT 05, Dusun Corongan, saat memberikan kesaksian dalam persidangan di PTUN Yogyakarta, kemarin. “Untung dan manfaat dari bangunan hotel itu tidak ada. Malah sejak ada bangunan hotel, akses jalan menuju perkampungan jadi terganggu,” kata Indra. Menurutnya, lebar jalan menuju perkampungan hanya 2,25 meter sepanjang 150 meter. Setelah ada hotel akses jalan menuju kampung terganggu karena sering terhalang bus yang diparkir di depan gang saat ada acara di hotel itu. Indra menyebut pihak hotel sempat menjanjikan tambahan akses jalan selebar 1 meter, termasuk memindahkan tiang listrik yang berada tepat di sebelah jalan tersebut.

Sayang, janji itu tak pernah direalisasikan sampai saat ini. Pria yang sudah tinggal di dusun tersebut sejak 2001 menyebut ada pencemaran udara akibat limbah hotel. “Bau tak sedap keluar dari pipa saluran limbah yang diarahkan ke jalan. Walaupun pipanya mengarah ke jalan, bau limbah terbawa angin ke arah warga RT 05,” ungkapnya. Penggugat Agus Artadi, warga Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, yang dampingi kuasa hukumnya, Siput Lokasari, memohon majelis untuk mendatangkan pemilik hotel untuk dihadirkan sebagai saksi. Namun, permohonan tersebut ditolak majelis hakim. Selain pemeriksaan satu saksi dari penggugat, dalam sidang tersebut pihak tergugat juga menyampaikan bukti surat tambahan berupa T13 hingga T15.

Sementara tergugat II intervensi atau Hotel Premier Inn Satoria mengirimkan tujuh bukti surat tambahan. Sidang akan digelar kembali pada Senin 21 Mei 2017 dengan agenda mendengar keterangan saksi pihak tergugat Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Sleman. Agus Artadi menggugat BPMPPT Sleman dan tergugat II intervensi PT Satoria Prima Persada.

Sodik







Berita Lainnya...