Edisi 19-05-2017
Mengenal Sejarah dan Budaya melalui Desain Interior


Interior China dan pernikpernik pendukungnya sudah lama dikenal masyarakat. Bahkan keberadaannya banyak diminati bukan hanya dari keturunan China, tapi juga di luar itu.

Daya tarik interior itu kemarin dipamerkan mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Interior Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya di kampusnya. Pameran itu terangkum dalam Chinese Interior bertajuk “Auspicious Decorarations for Chinese Interior”. Dosen mata kuliah Chinesse Interior, Diana Thamrin mengatakan, dalam acara ini puluhan karya, seperti kaligrafi, pernik-pernik interior, dan simpul khas China dipamerkan. Pameran ini merupakan tugas mata kuliah Chinese Interior di Program Studi Desain Interior UK Petra mahasiswa semester VI. Menurut dia, lewat kegiatan itu mahasiswa tidak hanya dibimbing memahami sejarah dan teori desain China saja, tetapi mereka mampu mempraktikkan prinsip desain serta budaya dalam dunia desain interior.

“Ada 20 karya kaligrafi aksara China dan 20 karya pernik-pernik paper art untuk dekorasi interior,” katanya. Sebelum kegiatan ini, para mahasiswa dibekali materi teori mengenai sejarah dan budaya China agar bisa memahami konsep pemikiran dan budaya China dalam desain. Selepas ujian tengah semester, mahasiswa belajar mengaplikasikan pemahaman mereka mengenai sejarah dan budaya China dalam wujud desain elemen dekoratif untuk interior. Misalnya, menulis kaligrafi aksara China untuk dekorasi interior yang mengandung makna baik (auspicious) dalam budaya China. Mahasiswa juga membuat paper art dengan bahan dasar kertas angpau serta pembuatan simpul tali yang mengandung makna baik dalam budaya China untuk menghasilkan sebuah karya pernik-pernik interior yang menarik.

“Mata kuliah ini sangat berguna. Sebab kita menjadi tahu bagaimana menata ruangan yang baik sesuai dengan kepercayaan China kental,” kata Diana. Terpisah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) kemarin menggelar Sekolah Pasar Modal (PSM) di Auditorium RM Soemantri Gedung Rektorat. Acara ini terbagi menjadi dua sesi terkait investasi, efek, dan mekanisme perdagangan saham, serta struktur pasar modal Indonesia dan acuan kepelikan sekuritas. Pada sesi kedua, peserta diajak menyimulasikan langsung tentang investasi. Dari kedua sesi tersebut dibawakan oleh pemateri dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Phintraco Sekuritas.

Meskipun baru mengawali geliat bursa efek, FEB Unitomo menunjukkan keseriusan dalam menggeluti bursa efek lewat SPM ini. Buktinya acara yang menyangkut tentang pasar model dan investasi saham ini mampu menarik antusias peserta. “Kami berharap akan lahir investor yang sukses bukan hanya paham teori tapi juga trading saham,” ujar Rektor Unitomo Bachrul Amiq.

Soeprayitno
Surabaya





Berita Lainnya...