Edisi 19-05-2017
Meski Stok Aman, Operasi Pasar Menjadi Keharusan


SURABAYA – Meski Pemprov Jatim beserta pihak terkait memastikan stok bahan pokok aman menjelang Lebaran, tapi halitutidakmenjaminhargabisa tetapstabil.

Olehsebabitu, harus dilakukan operasi pasar agar harga-harga tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Anggota Komisi B DPRD Jatim Chusainuddin mengatakan, kehadiran pasar murah atau operasi pasar yang digelar sangat dibutuhkan masyarakat di tengah potensi lonjakan harga bahan pokok menjelang Ramadan. “Animo masyarakat terhadap pasar murah masih tinggi. Karena itu, kami usul pasar murah ini tetap harus dilakukan dengan pengawasan ketat agar tidak diselewengkan dan tepat sasaran. Meski stok aman, tapi kenyataannya harga tetap naik setiap menjelang Lebaran,” kata Chusainuddin, kemarin.

Menurut anggota DPRD asal Fraksi PKB ini, pasar murah yang digelar juga harus tepat sasaran kepada masyarakat miskin. Pemerintah bekerja sama dengan Bulog menggelar operasi di pasar-pasar tradisional yang ada di Jatim. Bahkan, pihaknya mengusulkan pasar murah ini digelar di kantor kelurahan dan kecamatan. “Kalau perlu pasar murah hingga ke tingkat RW yang ada di Jatim,” kata politikus dari Dapil VI ini.

Chusainuddin menyambut positif langkah pemerintah dalam membentuk satgas pemantauan sembako menjelang Ramadan ini. Langkah pemerintah pusat juga harus ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Jatim membentuk tim pemantau harga sembako di pasaran. “Saya mendukung upaya pemantauan oleh pemprov. Dengan adanya tim pemantau harga sembako bisa menindak tegas para spekulan yang biasanya seenaknya mempermainkan harga sembako,” tuturnya.

Wakil Gubernur Jatim SaifullahYusufberkomitmenmenekan harga pangan menghadapi Lebaran. Pihaknya akan menggelar operasi pasar dan pembukaangeraiolehBulogdi3000titikse- Jatim. Selain operasi pasar, pemprov juga memberi subsidi biaya angkut sembako. “Para pedagang besar dan produsen pangan telah diajak bicara untuk memastikan stok pangan dan tidak tersendat pendistribusiannya hingga ke tingkat bawah,” ujar pria yang akrab disapa Gus Ipul itu.

Zaki zubaidi



Berita Lainnya...