Edisi 19-05-2017
4.700 Lampion Terangi Langit Semarang


SEMARANG – Langit Kota Semarang berubah menjadi cerah dengan cahaya 4.700 lampion dalam Festival Banjirkanal Barat (BKB) 2017, tadi malam.

Acara tersebut digelar sebagai rangkaian acara peringatan HUT ke-470 Kota Semarang. Sejak sore hari, ribuan ma - syarakat Kota Semarang sudah memadati kawasan BKB. Sua - sana semakin ramai bahkan ber - jubel saat malam tiba dan men - jelang acara inti pener bang an lampion harapan. Meski berdesak- desakan, hal itu tidak me - ngurangi keceriaan warga. Me - reka tetap antusias mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan Pemkot Semarang itu. Wali Kota Semarang, Hen - drar Prihadi (Hendi) menga ta - kan Festival Banjirkanal Barat merupakan kegiatan rutin Pemkot Semarang setiap memperingati hari ulang tahun. Acara tersebut merupakan yang ketujuh.

“Ini (Festival BKB) akan te - rus kami gelar untuk mengenalkan lokasi wisata air Ban - jirkanal Barat kepada masya - rakat luas khususnya dunia internasional bahwa Kota Se - marang memiliki tempat wisata sebagus ini,” ucapnya. Hendi meminta seluruh masyarakat turut membantu dalam menjadikan Kota Sema - rang sebagai kota yang maju khususnya di bidang pariwisata. Semua elemen harus bersatu padu untuk mewujudkan citacita mulia itu. “Kota Semarang itu ibarat mobil yang bisa berjalan kalau semua elemen berfungsi. Jadi semua harus guyub bersatu ma ju bersama menjadikan kota ini semakin baik lagi,” ujar nya.

Hendi tak lupa memberikan pesan kepada masyarakat Kota Semarang untuk terus menjaga kondusivitas dan keamanan. Berbagai isu sara dan intoleransi yang marak terjadi di berbagai kota lain diharapka tidak terjadi di Kota Semarang. “Di usia Kota Semarang yang mencapai 470 ini, mari kita jaga kerukunan, perdamaian dan persatuan antar masyarakat Kota Semarang. Kondisi yang selama ini baik harus terus dijaga agar tidak ada gesekan yang didasari atas persoalan isu Sara dan intoleransi. Semua harus bersatu dan satu misi menjadikan Kota Semarang sebagai kota yang maju dalam berbagai bidang,” tandasnya.

Teddy Sutrisno,33, salah satu pengunjung mengaku se - nang dengan digelarnya festival tersebut. “Acaranya bagus, sa yang lo - kasinya sempit jadi ber de sak - kan. Ini harus menjadi ba han evaluasi ke depan agar persiapan tempat menjadi hal yang diperhatikan saat hendak meng gelar acara serupa, meng - ingat acara semacam ini sangat di nanti warga Semarang,” kata Teddy. Dia menerangkan, Kota Semarang sangat beruntung memiliki lokasi wisata air tengah kota berupa Sungai BKB.

Dengan pengelolaan yang baik, diyakini kawasan ini mampu menjadi daya tarik pariwisata yang terkenal. “Event-event semacam ini harus terus diselenggarakan untuk menarik wisatawan. Se - bab, event semacam ini adalah magnet yang sangat positif un - tuk mengembangkan BKB se - ba gai lokasi wisata air yang mendunia,” katanya. Penerbangan lampion-lampion dimulai pukul 21.00 WIB dengan yang diawali oleh Wali Kota Semarang Hendrar Pri - hadi. Setelah itu, warga yang mendapatkan lampion kemudian ikut menerbangkannya. “Asyik sekali bisa menerbang - kan lampion, ternyata susah juga,” kata Dian Puspita,26, salah satu warga.

Festival Banjirkanal Barat, lanjut Dian, merupakan event yang sangat dinanti. Sebab, ba - nyak acara yang digelar, seperti penerbangan lampion, hiburan musik dan pasar UMKM Kota Semarang yang bernama Se - marang Introducing Market (SIM). “Harus dilestarikan dan setiap tahun harus semakin baik. Penataan parkir, penutupan jalan serta perluasan lokasi BKB ini harus dilakukan dalam event tahun depan agar masyarakat semakin nyaman mengikuti acara ini,” katanya.

Andika prabowo

Berita Lainnya...