Edisi 19-05-2017
Bupati Dorong Mahasiswa Ikut Berperan


KUDUS – Bupati Kudus Musthofa mendorong mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah agar ikut ambil peran dalam peningkatan ekonomi kerakyatan.

Langkah ini dinilai juga menjadi bagian dari penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM). Musthofa memaparkan hal itu dalam seminar UMK Law Fair 2017 yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Muria Kudus (FH UMK) di Kudus kemarin. Seminar diikuti pejabat di Sekretariat Daerah (Setda) Kudus dan pimpinan di lingkungan UMK serta 360 peserta dari beberapa perguruan tinggi, di antaranya dari Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas PGRI Semarang, Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Musthofa mengatakan pada prinsipnya ekonomi kerakyatan berasaskan kedaulatan rakyat. “Itu kunci untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya kemarin. Ekonomi kerakyatan penting karena memiliki fungsi meningkatkan peran masyarakat dalam kepemilikan modal nasional. Anda-Anda mahasiswa dan generasi penerus bangsa, jangan hanya jadi penonton dan penikmat saja, melainkan harus mengambil peran dalam peningkatan ekonomi kerakyatan ini,” tandas Musthofa.

Sementara itu, Ketua Komnas HAM Nur Kholis yang juga hadir dalam seminar itu mengatakan, HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan.

Muhammad oliez







Berita Lainnya...