Edisi 19-05-2017
Pemkot Gelontorkan Dana Rp16 Miliar


SEMARANG - Keseriusan Pemkot Semarang menata dan membuat kampung tematik tidak main-main. Di Kampung Pelangi Kelurahan Randusari misalnya, Pemkot siap menggelontor anggaran untuk membuat lokasi itu lebih baik dengan anggaran sebesar Rp16 miliar.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) me-ngatakan, pemkot akan mendukung penuh agar kampungkampung tematik menjadi lebih baik dan mampu menarik wisatawan. “Pembangunan kampung pelangi ini satu paket dengan pengembangan Pasar Kembang Kalisari. Anggaran sudah kami siapkan sebesar Rp16 miliar untuk pembangunan sarana-prasarana tahap dua,” kata Hendi di Kampung Pelangi kemarin. Hendi mengatakan, anggaran tersebut akan digunakan untuk pembuatan tempat parkir, foodcourt , pembenahan jalur pedestrian di belakang Pasar Kembang Kalisari dan perbaikan drainase.

Dengan penataan- penataan itu, diharapkan Kampung Pelangi akan semakin cantik. “Sekarang saja sudah sangat berbeda dari sebelumnya yang kumuh menjadi lebih cantik. Tidak hanya masyarakat lokal, Kampung Pelangi sudah dikenal masyarakat internasional,” ujarnya. Anggaran Rp16 miliar tersebut, lanjut Hendi, sudah masuk tahap lelang. Ditargetkan tahun ini sudah ada pekerjaan fisik dan diharapkan selesai akhir Desember 2017. Selain membantu terkait perbaikan sarana prasarana, pemkot juga terus melakukan sosialisasi dan pendampingan. Hal itu bertujuan agar ma-syarakat Kampung Pelangi semakin kreatif dan produktif menyambut perubahan itu.

“Kami sudah membentuk kelompok sadar wisata dan pelatihan lain. Kami berharap warga masyarakat kreatif dengan membuat kerajinan seperti kaus, handycraft, atau apa pun agar lebih menyejahterakan masyarakat,” kata Hendi. Diamemintamasyarakatuntuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas agar Kampung Pelangi menjadi lebih baik. Warga juga diminta tidak meminta bayaran kepada pengunjung dan lebih memanfaatkan kreativitas masing-masing. “Tidak boleh meminta uang jika ada pengunjung atau memasang kotak, lebih baik potensi warga diberdayakan agar lebih baik lagi,” ucapnya.

Salah satu warga Kampung Pelangi, Dwi Setyaningsih mengaku senang dengan program pemerintah di wilayahnya. Dengan perhatian pemerintah, daerahnya kini berubah menjadi lebih bagus dan ramai dikunjungi wisatawan. “Apalagi jika nanti ada pembangunan tahap II, tentu akan semakin indah lagi kampung kami ini. Kami sangat bersyukur kampung kami menjadi kampung tematik berupa kampung pelangi,” kata dia. Terkait harapan wali kota kepada warga Kampung Pelangi untuk kreatif, Dwi mengaku sangat sepakat. Dengan tempat yang menarik dan sudah terkenal, maka kreativitas warganya harus dilakukan untuk melestarikan daya tarik wilayah itu.

“Memang harus didukung kreativitas masyarakat untuk menjadikan daerah ini tetap menjadi daya tarik wisatawan. Kamiakanberupaya untukmenjadikankawasaninisebagailokasi wisata unggulan,” ucapnya.

Andika prabowo


Berita Lainnya...