Edisi 19-05-2017
Pilgub Jateng Butuh Pengawas Berintegritas


SEMARANG – Pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 butuh pengawas yang memiliki integritas agar proses dan hasilnya benar-benar kredibel.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Teguh Pur no - mo mengatakan, Juni 2017 nan - ti pihaknya akan meng ada kan rekrutmen panwas pilgub untuk tingkat kabupaten/kota. “Ren - ca na rekrut panwas kabu pa ten/ kota se-Jawa Tengah diren ca na - kan awal Juni 2017 mendatang,” kata dia di Sema rang kemarin. Masyarakat yang ingin men - daftar harus memastikan diri memiliki integritas.

“Kami akan memeriksa rekam jejak calon pendaftar pengawas. Apa lagi, orang yang sebelumnya pernah menjadi pengawas pilkada atau pemilu, jelas kami punya rekam jejaknya. Jadi, masalah inte - gritas ini menjadi pertim bang - an utama,” tandas Teguh. Selain itu, calon pendaftar ju - ga harus menguasai teknik-tek - nik kepemiluan. Dengan demi - kian, mereka juga dituntut me - nguasai aturan-aturan yang ber - kaitan dengan pemilu. “Lo gi - kanya, bagaimana mereka bisa mengawasi pilkada kalau tidak menguasai pengetahuan pilka - da. Jadi, mereka harus mema - hami aturan-aturan yang ada,” kata mantan Ketua KPU Ke bu - men ini.

Selanjutnya, masyarakat yang ingin jadi pengawas juga harus memiliki komitmen. “Ar - tinya, mereka yang ingin men - daftar bukan semata ingin men - cari pekerjaan dan sampingan saja, tapi juga harus all out be - kerja dan punya kemauan dan kemampuan besar,” tandasnya. Untuk mengetahui kecak ap - an itu akan dieksplorasi melalui tes tertulis maupun tes wa wan - cara. Teguh menambahkan, se - suai dengan aturan yang baru, peran pengawas saat ini bukan hanya pada upaya preventif, tapi juga memiliki fungsi pe negakan. “Sehingga yang diteri ma harus mengetahui hukum for mil yang ada dan bisa mene gakkannya da lam proses pilka da,” ujarnya.

Teguh meminta kepada ba - nyak pihak untuk ikut meng - awasi proses rekrutmen penga - was pilgub ini. Tiap kabu pa ten/ kota nanti akan direkrut penga - was tiga orang, dan mereka nan - tinya yang akan merekrut panwascam, PPL dan pengawas TPS untuk Pilgub Jateng 2018 dan Pilkada Bupati/ Wali Kota di tujuh kabupaten dan kota. Sebelum rekrutmen penga - was dilaksanakan, akan di ben - tuk panitia seleksi panwas kab/ kota yang anggotanya lima orang.

Dari jumlah itu, dua orang merupakan representasi dan ditunjuk oleh Bawaslu dan dua orang akan ditunjuk oleh Ba - wasluProvinsiJawaTengah. Me - nurut pakar politik Uni ver sitas Diponegoro (Undip) Semarang Budi Setyono, Pilgub Jateng 2018 nanti potensi politik uang diperkirakan ma sih tinggi ka re - na banyak warga yang mis kin.

Amin fauzi






Berita Lainnya...