Edisi 19-05-2017
Sistem Pertanian Hidroponik Perlu Digalakkan


SEMARANG - Budi daya hidroponik (menanam dengan media air) perlu digalakkan kepada masyarakat Jawa Tengah terutama mereka yang tinggal di kawasan perkotaan.

Anggota Komisi B DPRD Jateng Didiek Hardiana mengatakan, ketersediaan lahan merupakan masalah yang sangat sering dijumpai bagi masyarakat yang tinggal di kotakota besar. “Dengan hidroponik ini maka bisa menjadi salah satu cara mengatasi kendala lahan yang sempit itu,” ucapnya kemarin. Salah satu sistem hidroponik yang mudah dan murah adalah sistem rakit apung. Sistem ini termasuk yang sederhana, tetapi ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. “Ada pula sistem scaling up atau diperbesar,” ucapnya.

Beberapa waktu lalu Komisi B melakukan kunjungan ke Temanggung mengenai sistem hidroponik tersebut. Di kabupaten itu sejumlah masyarakat telah menerapkan sistem pertanian hidroponik. “Dengan lahan yang tidak terlalu besar di Temanggung itu bisa menghasilkan produk sayur yang begitu bagus. Ini tentu contoh yang bagus bagi daerah lain,” katanya. Meski demikian, selain sistem hidroponik, juga perlu dilakukan perbaikan berbagai hal. “Termasuk mengubah mindset para petani lokal yang biasanya cuma mencari untung agar bisa memperbaiki kualitas produksi sayurnya untuk menjadi lebih baik,” ucapnya.

Ketua Komisi B DPRD Jateng Chamim Irfani menambahkan, variasi budi daya tanaman ini bisa memberi manfaat lebih bagi masyarakat. “Palingtidakdari biasanya membeli sayuran, menjaditidakmembeli karena bisa memanen sendiri. Lebih baik lagi, tentu bisa menjadi sumber penghasilan lain dari hasil panen itu,” tandasnya.

Muh slamet







Berita Lainnya...