Edisi 19-05-2017
Bupati Minta Tanah Desa Disertifikatkan


SUMEDANG - Tanah kas desa di Kabupaten Sumedang masih banyak yang belum bersertifikat. Untuk mencegah kemungkinan adanya konflik sengketa di kemudian hari, ke depan tanah yang menjadi aset desa tersebut wajib bersertifikat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang Teddy Mulyono mengatakan, pengetahuan pengurus aset desa dalam mengelola aset desa harus ditingkatkan. “Pelatihan pengelolaan kekayaan aset desa ini dilaksanakan dengan harapan dapat meningkatkan pengetahuan para pengurus atau aparatur pemerintahan desa dalam mengelola aset desa,” ujarnya di Gedung Korpri. Berdasarkan UU Nomor 6/2014 tentang Desa, kata dia, penataan desa harus dilakukan dalam rangka mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan desa, dan meningkatkan daya saing desa.

“Dengan adanya pelatihan ini kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan aparatur pemerintah desa di Sumedang. Sekaligus mewujudkan tertib administrasi kekayaan aset desa untuk penyusunan data aset desa yang akurat dan komprehensif,” tuturnya. Bupati Sumedang Eka Setiawan menyebutkan, pengelolaan kekayaan milik desa hendaknya dilaksanakan berdasarkan asas kepentingan umum, fungsional, kepastian hukum, efisiensi, efektivitas, akuntabilitas dan kepastian nilai ekonomi. “Saya menilai, kegiatan pelatihan ini penting dilaksanakan. Selain untuk menambah pengetahuan untuk mengelola aset di desanya masing-masing, dapat pula menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa,” sebutnya.

Kekayaan milik pemerintah dan pemerintah daerah berskala lokal desa, lanjut dia, dapat dihibahkan kepemilikannya kepada desa. Sehingga kekayaan milik desa berupa tanah dapat disertifikatkan atas nama pemerintah desa. “Oleh karena itu, saya mengimbau kepada aparatur pemerintahan desa agar aset yang dimiliki oleh desa dipelihara sebaik-baiknya. Untuk ke depannya, tanah yang menjadi milik desa harus bersertifikat,” katanya.

Aam aminullah






Berita Lainnya...