Edisi 19-05-2017
Jalan Nasional di Ciamis Ditutup 10 Hari ke Depan


CIAMIS - Akses jalan nasional di Ciamis terpaksa ditutup untuk sepuluh hari ke depan. Penutupan terjadi di sepanjang ruas Jalan Ahmad Yani – Jalan Rumah Sakit, untuk dilakukan perbaikan gorong-gorong pascaambles beberapa waktu lalu.

Meskipun jalan tersebut berstatus nasional, namun perbaikan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Ciamis, lantaran sebagian Jalan Rumah Sakit merupakan jalan utama sebagai penghubung Jalan Nasional. “Dengan adanya perbaikan gorong-gorong ini jalan dikeruk sehingga kendaraan tidak bisa lewat. Untuk itu kami melakukan penutupan dan rekayasa jalan,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Ciamis Agus Yani saat ditemui, kemarin. Agus menjelaskan, kendaraan yang datang dari arah Jawa Tengah menuju Tasikmalaya dan seterusnya dialihkan ke Jalan Iwa Kusumasomantri, menuju Terminal Ciamis, hingga ke jalan Ir H Juandan.

Jalan ditutup di perempatan Kodim. Kendaraan dari arah utara yang akan menuju Terminal Ciamis tidak bisa melintas ke Jalan Rumah Sakit, akan terapi dari Jalan Yos Sudarso harus memutar ke Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Iwa Kusmasomantri. “Petunjuk jalan dan ramburambu peringatan sudah di pasang di sepanjang jalan yang direkayasa lalu lintas. Semoga perbaikan ini sesuai waktu, terlebih sekarang menjelang Ramadan diprediksi volume kendaraan akan meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabuaten Ciamis Okta Jabal mengatakan, penutupan ruas Jalan Rumah Sakit tepat di perempatan Graha untuk mempercepat proses perbaikan gorong-gorong. “Langkah penutupan jalan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan beberapa pihak terutama Dishub dan Polres Ciamis,” katanya. Okta menjelaskan, konstruksi gorong-gorong di bawah jalan rumah sakit ini usianya sudah tua. Bahkan belum menggunakan besi beton. sehingga saat ini sudah tidak kuat menahan beban kendaraan.

“Penutupan total berlangsung sekitar 10 hari. Kami perkirakan waktu perbaikan menyeluruh sampai pengaspalan jalan akan tuntas pada pertengahan Juni,” jelasnya. Lebih lanjut, menjelang musim mudik Lebaran jalan sudah siap digunakan dan dilalui oleh kendaraan yang melintas. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan jalan di saat musim mudik Lebaran.

Dadang hermansyah

Berita Lainnya...