Edisi 19-05-2017
Anggaran Pilkada Empatlawang Rp38,7 M


TEBINGTINGGI – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Empatlawang masih satu tahun lagi.

Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat telah menyiapkan segala sesuatunya. Ketua KPU Kabupaten Em pat - lawang, Mobius Alhazan me - nga ta kan, potensi mata pilih saat Pilkada 2018 mendatang ma sih dalam tahap penyusunan dan belum pasti. Untuk mata pi - lih ada tahapannya dan sesuai da sar dari DPT terakhir, yakni Pilpres 2014. ”DPT terakhir pilpres jum - lah nya 180.000 jiwa, nanti jum - l ah tersebut ditambah DP4. La - lu pemutakhiran data oleh pe tu - gas,” ujar Mobius, kemarin.

Kemungkinan besar, kata Mo bius, mata pilih bisa dik e ta - hui sekitar Maret 2018. Namun, yang pasti warga yang sudah mendapat e-KTP bisa me nen tu - ka n hak pilihnya, sebab sesuai undang-undang bahwa pilkada tahun depan sudah berbasis e- KTP. Mengenai anggaran untuk Pilkada Empatlawang 2018 men datang sudah disetujui jum lahnya, yakniRp38,7 miliar. Untuk 2017 ini akan dicairkan Rp16 miliar, sedangkan sisanya akan dicairkan 2018 menda - tang. ”Juni diperkirakan dana tersebut bisa cair. Namun untuk dana ini di luar dana Panwaslu,” jelasnya.

Sementara Administrator Da tabase Disdukcapil Empatlawang, Harry Truman men je las - kan, pihaknya belum bisa me - nge luarkan jumlah mata pilih karena masih menunggu dari Dirjen (Kependudukan), sebab pihak Dirjen yang menge lua r - kan.”Memang yang wajib e-KTP yang bisa memilih. Namun se - ka rang masih banyak yang be - lummemilikie-KTP. Kami se ka - rang terus disosialisasikan dan jemput bola melakukan pe re - kam an. Pihak KPU juga terus me lakukan sosialisasi,” pung - kasnya.

Cr15

Berita Lainnya...