Edisi 19-05-2017
Dirut PDAM Bantah Pernyataan Dewan


PALEMBANG– Jajaran Direksi PDAM Tirta Musi bereaksi atas penilaian kalangan dewan terhadap kinerja perusahaan penyedia air bersih itu saat rapat paripurna, Selasa (16/5) lalu.

Kepada KORAN SINDO PALEMBANG, kemarin, Direktur Utama PDAM Tirta Musi Cikmit menyebut pernyataan wakil rakyat Palembang bahwa PDAM Tirta Musi tidak lagi masuk 15 besar nasional pe - rusahaan pengelolaan air ber - sih, berdasarkan penilaian Ba - dan Pendukung Peng em - bangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), itu tidak tepat. Sebab, urutan yang di mak - sud BPPSPAM bukan ber da - sarkan nilai atau peringkat pres tasi, namun berdasarkan daerah. “Jika berdasarkan daerah, tentu daerah di kawa - san Timur seperti Papua akan berada di urutan 300-an,” kata Cikmit.

Dijelaskannya, penilaian untuk PDAM di Indonesia biasa nya untuk kategori sehat dan tidak sehatnya suatu unit PDAM yang ada di setiap daerah. Penilaian itu dilakukan Per satuan Perusahaan Air Mi - num Seluruh Indonesia (Per - pamsi). PDAM yang dinilai baik dalam pelayanan akan dibe - rikan penghargaan oleh Pe r - pamsi. “Tapi, kalau soal urutan peringkat PDAM tidak pernah ada, kami juga sudah coba per - tanyakan itu ke pihak BPP S - PAM dan mereka katakan tidak ada pemberian peringkat,” tu - turnya.

Terkait penilaian kinerja yang dianggap menurun, Cik - mit enggan berkomentar. Ia memastikan, pihaknya tetap akan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Inovasi untuk pelayanan prima, me - nurut dia, akan selalu ada, ter - lebih Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Salah satu inovasi yang dilakukan PDAM Tirta Musi adalah mempersiapkan keran air siap minum di 50 titik dalam kompleks Jakabaring Sport City (JSC). Keran air siap mi - num itu dapat dimanfaatkan para atlet, ofisial, maupun ma - syarakat umum yang ber kun - jung ke JSC. Selain itu, PDAM Tirta Musi akan segera merealisa si - kan pen distribusian air bersih secara merata di Seberang Ulu dan Ilir melalui pembangunan WTP di Kecamatan Gandus dan Seberang Ulu.

Melalui ja - ringan instalasi baru ini di ya - kini dapat menambah pro duk - si air bersih. Seperti diberitakan sebe - lum nya, dalam penyampaian rekomendasi penilaian LKPj Wali Kota Palembang tahun anggaran 2016, Wakil Ketua DPRD Kota Palembang Mulyadi mengatakan, prestasi dan kinerja PDAM Tirta Musi mengalami penurunan signi - fikan. Terbukti di tahun ini tidak lagi berada di posisi 15 besar nasional menurut peni - laian BPPSPAM. “Padahal, ta - hun-tahun ke belakang, BUMD di bawah Pemkot Palembang ini termasuk yang terbaik di Indonesia,” ujar Mulyadi.

yulia savitri


Berita Lainnya...