Edisi 19-06-2017
Senilai 350 Juta Poundsterling


MADRID– Kabar mengenai bakal hengkangnya Cristiano ‘CR7’ Ronaldo membuat Real Madrid gerah. Tim berjuluk Los Blancos tersebut memagari pemain bintangnya itu dengan biaya fantastis.

Tidak tanggung-tanggung, Madrid memasang harga senilai 350 juta poundsterling kepada tim mana pun yang menginginkan CR7. Hal itu bukan tanpa alasan. Dua klub papan atas Eropa Manchester United (MU) dan Paris Saint- Germain (PSG) sedang bersiaga mengenai kemungkinan mendatangkan Ronaldo.

Rumor itu muncul setelah bintang asal Portugal itu dikabarkan tidak kerasan di Santiago Bernabeu karena kurangnya dukungan dari klub terkait gencarnya otoritas pajak Spanyol melakukan tekanan. Jaksa menuding CR7menunggak pajak senilai 12,9 juta poundsterling lantaran menyerahkan image rights ke perusahaan di British Virgin Islands dan Republik Irlandia. Pemain berusia 32 tahun itu juga kecewa karena diperlakukan tidak adil oleh sikap sebagian kecil suporter Madrid yang kerap mencemoohnya, terutama ketika tidak tampil bagus.

Padahal, dia selalu berusaha memberikan seluruh kemampuan terbaik di lapangan. Sementara manajemen Madrid sepertinya akan mempersilakan CR7pergi asalkan ada klub yang mau merogoh kocek hingga 350 juta poundsterling. Dari sisi bisnis, strategi tersebut menguntungkan. Los Blancosakan mendapatkan kompensasi. Pasalnya, CR7 dianggap melakukan pelanggaran karena hengkang di saat dirinya masih terikat kontrak hingga empat tahun ke depan.

Selain itu, Presiden Florentino Perez juga disebut-sebut berencana memasukkan CR7ke daftar jual, tapi urung terwujud karena mendapatkan banyak keuntungan dari sisi komersial. Jika benar hengkang, bertahan di Eropa adalah opsi utamanya. CR7 tidak terlalu tertarik untuk menjajal Liga Super China atau Major League Soccer (MLS). Itu artinya, hanya MU dan PSG yang memiliki kesempatan. Tapi, MU sedikit unggul dalam persaingan. Setan Merah, julukan MU, merupakan klub yang melambungkan nama CR7ke sepak bola dunia.

Dia pernah memperkuat MU periode 2003–2009. Berbagai gelar bergengsi pun telah dipersembahkan seperti 3 gelar Liga Primer (2006/2007, 2007/2008, 2008/2009), 1 Piala FA (2003/2004), 2 Piala Liga (2005/2006, 2008/2009), 1 FA Community Shield (2007), 1 Liga Champions (2007/2008), dan 1 Piala Dunia Antarklub (2008). Kembalinya CR7bisa saja terwujud karena sang pemain tengah berada dalam puncak permainan terbaik. Dia akan bermanfaat bagi klub dari sisi finansial setidaknya untuk beberapa tahun ke depan. Pemain kelahiran Funchal, Madeira, Portugal, itu pun selalu mengungkapkan kecintaannya yang begitu besar terhadap MU dan memiliki banyak memori indah yang sulit dilupakan.

“Saya mencintai MU dan semua orang mengetahuinya. MU selalu berada dalam hati saya. Saya memiliki banyak teman di sana, fansbegitu luar biasa dan saya berharap dapat kembali ke sana suatu saat nanti,” ungkap CR7, dilansir Daily Mail.

Alimansyah