Edisi 19-06-2017
Mental Bermain Skuad Persiba Buruk


BANTUL– Performa Persiba Bantul tak kunjung membaik menyusul kekalahan 1-3 dari tim tamu Persiwa Wamena di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, Yogyakarta, Sabtu (17/6).

Kendati hanya berlabel partai uji coba, hasil minor ini patut menjadi catatan menjelang bergulirnya Kompetisi Liga 2 setelah libur Ramadan. Dalam laga tersebut, Johan Manaji dkk sebenarnya menampilkan permainan yang cukup baik. Mereka mampu mengimbangi kecepatan Persiwa dan tidak ragu melakukan body contactdengan lawan yang memiliki postur lebih besar. Namun, hal tersebut tidak ditunjang dengan kedisiplinan pemain di sektor pertahanan, terutama ketika melakukan transisi dari pola menyerang ke bertahan.

Tiga gol Persiwa lahir dari buruknya koordinasi pemain bertahan. Selain itu, faktor mental pemain juga masih melingkupi tim asuhan Purwanto Suwondo ini.“Pemain muda yang diturunkan belum siap menghadapi kompetisi, jam terbang mereka masih kurang. Mental bermain masih lemah sehingga tidak berani mengambil sehingga permainannya tidak keluar,” kata Purwanto, seusai pertandingan. Masalah mental bermain ini menjadi perhatian tim pelatih menghadapi lanjutan Kompetisi Liga 2 yang tinggal sekitar dua pekan lagi. Purwanto menyatakan kepercayaan diri pemain harus ditingkatkan jika tidak ingin tim semakin terpuruk di klasemen Grup D.

Saat ini Persiba menghuni dasar klasemen dengan koleksi lima poin. Dari lima pertandingan, Laskar Sultan Agungbelum sekali pun merasakan kemenangan. Hasil terbaik hanya berupa dua kali imbang dan menelan tiga kekalahan. Jika tidak mampu menyodok ke papan atas, Persiba hampir dipastikan degradasi ke Liga 3 musim depan. “Kami masih punya waktu persiapan sekitar dua pekan sebelum Kompetisi Liga 2 kembali bergulir. Tim pelatih akan fokus mengangkat mental pemain karena ketika telanjur jatuh, akan sulit bangkit. Ini terlihat dalam laga uji coba melawan Persiwa,” ujarnya.

Untuk menguji kesiapan Johan dkk menghadapi kompetisi, tim pelatih kembali menyiapkan tiga laga uji coba melawan tim lokal sebelum libur Lebaran, yakni melawan Persig Gunungkidul, Sanden All Star, dan Imogiri Selection. Setelah libur, Persiba kembali melakoni dua laga sisa putaran pertama menjamu Persipon Pontianak dan bertandang ke Stadion Jatidiri melawan PSIS Semarang.

Siti estuningsih