Edisi 19-06-2017
Sbornaya Mampu Membuat Para Suporter Jatuh Cinta


Rusia bisa sedikit bernapas lega karena melewati ujian pertama di Piala Konfederasi 2017 setelah melibas Selandia Baru 2-0 pada laga pembuka di Stadion Krestovskyi, St Petersburg, Sabtu (17/6).

Meski menghadapi tim terlemah di turnamen itu, kemenangan tersebut tetaplah penting. Sebab, sebagai tuan rumah, beban berat menggelayuti pundak para pemain tim berjuluk Sbornaya itu. Gol bunuh diri defender Selandia Baru Michael Boxall pada menit ke- 31 dan satu gol Fyodor Smolov (69) membuat stadion berisi 50.251 penonton, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden FIFA Gianni Infantino, bergemuruh.

Senyum pun tampak menghiasi bibir Putin yang menyambut para fanstim nasionalnya dan menyebut ini sebagai festival besar sepak bola. Dia juga berterima kasih kepada FIFA yang telah memberi kepercayaan kepada Rusia menjadi tuan rumah. Sebelum laga, sang Presiden juga mengeluarkan pidatonya yang menuntut para pemain Rusia berjuang seperti kesatria di lapangan agar memberi kebanggaan kepada para suporter di negara tersebut. Hasilnya, sedikit banyak motivasi Putin membuat pasukan Sbornaya tampil militan dan itu diakui Pelatih Rusia Stanislav Cherchesov.

“Faktanya, pemimpin negeri ini datang ke pertandingan. Di satu sisi, hal itu menambah pengaruh positif, pidatonya memobilisasi kami, dan memberi kami motivasi besar. Tapi, di sisi lain, juga menambah tanggung jawab,” tuturnya, dikutip Reuters. Bukan rahasia lagi beban berat memang mesti dipanggul armada Cherchesov. Menyandang status tuan rumah Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018, peringkat dunia mereka justru merosot ke peringkat 63, terburuk sepanjang sejarah. Harapannya, kini dalam turnamen selama dua pekan ini Rusia bisa kembali mengatrol posisi mereka dalam peringkat FIFA. Syaratnya, mereka harus memetik prestasi di rumah sendiri. Namun, itu tak mudah karena mereka harus melewati dua tim berat, yakni Portugal dan Meksiko pada laga selanjutnya.

“Kami meraih hasil bagus saat ini dengan permainan yang juga bagus. Kami memainkan pertandingan seperti yang sudah kami rancang. Saya percaya kami akan tampil dengan permainan yang sama saat menghadapi Portugal, Rabu (21/6),” ucap Cherchesov. Yang terpenting buat mereka saat ini minimal sudah melewati ujian pertama yang memuaskan para suporter. “Buat kami, ini kemenangan yang sangat penting untuk membuat orang di negeri ini jatuh cinta kepada tim nasionalnya,” ungkap Smolov, sang pencetak gol.

Abdul Haris
Jakarta