Edisi 19-06-2017
Tampil Beda dengan Sari dan Hijab


KAIN sari asal India ternyata begitu banyak diminati kaum hawa di belahan dunia, termasuk di Tanah Air. Kalangan muslim pun ikut meliriknya karena dianggap berbeda dan unik.

Wanita muslim bisa memakai kain sari dengan gaya apa saja, tapi tentu tetap menutup seluruh bagian tubuh. Berikut beberapa variasi kain sari yang bisa dijadikan referensi.

PERNIKAHAN

Dikutip Outfit Trend, kain sari juga akan terlihat elegan dan menawan untuk dipakai di pelaminan. Anda bisa menggunakan kain sari yang sangat mewah dengan kerudung atau jilbab yang kontras dan sedikit terlihat di antara kain sari yang dikenakan. Anda juga bisa mencocokkan warna jilbab dengan tema pernikahan atau warna gaun pengantin untuk beberapa poin tambahan.

Untuk acara perkawinan, bisa mengenakan neckline yang lebih tinggi dilapisi jilbab. Lalu, memperpanjang blus sari sedikit, juga memperpanjang lengan baju. Hasilnya akan terlihat fantastis.

PESTA

Yang paling penting adalah terlihat elegan dan tetap chic pada saat bersamaan. Kain sari bisa dipakai dengan blus full sleeves dan high neck st yle sehingga tidak akan memperlihatkan kulit. Ada banyak gaya dan warna yang tersedia di pasaran dengan banyak pilihan material.

Kain bisa tergantung jenis bahan yang dirasa nyaman, antara lain charmeuse, crepe, dan satin. Dikutip Branded Girls, Anda juga bisa memilih turquoise lace dengan renda yang cukup tebal. Tampilan ini bisa membuat terlihat supercantik dan elegan. Untuk warna, yang terbaik adalah menjaga warna ringan seperti pirus. Lalu, carilah jilbab berwarna kontras untuk membuat jilbab Anda sedikit lebih menonjol daripada kain sari dan renda.

GAYA DHOTI

Gaya ini begitu diminati pengguna kain sari. Bahkan, salah satu ahli kain sari yang juga “ratu” kain sari di kalangan selebritas, Kalpana Shah, ikut memberikan panduan cara mengenakan kain sari bergaya Dhoti. Dikutip Miss Malini.com, pilih kain sari sepanjang 5 meter dengan kain drapey ringan seperti sifon.

Pilih warna solid dengan pinggiran sempit yang kontras dan bahannya tidak terlalu jatuh. Ini akan meningkatkan kekuatan kain dan lipatan yang merupakan kunci gaya ini. Lalu, pilih blus nontradisional dan sepasang celana ketat lycra. Kemudian, pilih pin yang kuat dan cukup kokoh untuk menembus lipatan tanpa merobek sari. Sembunyikan semua lipatan itu, lalu gunakan sepatu atau sandal hak tinggi untuk melengkapi Dhoti.

SARI UNTUK MELANGSINGKAN TUBUH

Agar terlihat lebih ramping, pakailah jilbab yang sesuai warna kain sari yang dipilih, lalu kenakan blus dengan warna yang sangat berbeda. Biarkan pallu atau detail di kain sari menjadi lebih panjang dan menggantung di punggung.

GAYA SANTAI

Saat ini tidak sedikit kain sari yang digunakan untuk beberapa kegiatan santai. Misalkan gaya Golden Sequence on Red Saree. Kehadiran bordir berwarna perak dan keemasan di kain sari biru terlihat sangat menakjubkan. Anda bisa memakai kombinasi berbagai pilihan warna lain, misalnya merah di sudut kain sari biru. Lalu, bisa mencari aksesori kepala berwarna emas untuk membuat kain sari terlihat lebih cantik. Untuk jilbab, jika temanya biru dan merah, coba cari jilbab dengan warna merah, tapi tidak terlalu terang, juga tidak boleh terlalu halus atau lembut. Gaya lainnya yakni kain sari yang dipadupadankan dengan blus berwarna pink, kain sari Banarsi yang dipadukan dengan warna putih dan lainnya.

PERMAINAN WARNA

Pilihlah gaya jilbab polos solid dengan kain sari printed. Ini adalah jenis kain sari yang sempurna untuk musim peralihan dari musim hujan ke musim panas. Jadi, akan banyak bunga yang bermekaran dan bisa digunakan sebagai printed yang bagus di kain sari Anda. Jika ingin tampil lebih nyentrik, pilih jilbab dalam warna kontras. Pilih jilbab berwarna cerah terang dan tambahkan batasan pinggiran yang sesuai kain sari Anda. Warna seperti ini cocok digunakan saat musim hujan atau dingin, juga musim gugur jika Anda sedang berada di luar negeri.

SARI UNTUK MELANGSINGKAN TUBUH

Agar terlihat lebih ramping, pakailah jilbab yang sesuai warna kain sari yang dipilih, lalu kenakan blus dengan warna yang sangat berbeda. Biarkan pallu atau detail di kain sari menjadi lebih panjang dan menggantung di punggung.

GAYA INDIA

Ada beberapa pilihan berpakaian sari dengan gaya ala India. Seperti traditional Indianatau Nivi Saree Style. Niviadalah gaya pengikat kain sari klasik India. Yang dibutuhkan hanyalah kain sari yang modis, blus yang sangat pas, dan aksesori yang akan melengkapi Nivi. Dikutip BollywoodShaadis.com, selain gaya Nivi, ada gaya lainnya, yakni Bengali Saree, Gujarati Saree, Kerala Saree, Maharashtrian Saree, Lehenga Saree, Butterfly Saree, Mumtaz Saree, Rajrani Saree, Mermaid Saree, dan lainnya.

ACARA FORMAL

Anda bisa menggunakan warna yang tidak berbulu dan halus seperti warna abu-abu, putih, hitam, biru tua, krem, cokelat, dan warna pastel. Desain dan pola yang digunakan juga cenderung lebih sederhana dan tidak terlalu ramai. Salah satu hal yang bisa dilakukan yakni memilih teknik pencetakan dan bordir untuk perhiasan dan pewarnaan untuk membuat desain yang berbeda. Dalam hal cetakan, biasanya desain bunga sederhana, bentuk abstrak, garis bergelombang, dan titik lebih disukai.

GAYA ANAK MUDA

Paduan kain sari dengan jilbab juga memberi tampilan girly yang disukai kawula muda. Misalkan blus pinkdipakai sebagai jaket di atas kaus lengan hitam dengan balutan kain sari. Jika blus sari memiliki lengan yang terlalu pendek, bisa memakai baju lapisan panjang di dalamnya. Begitu pula jika blus sari memiliki garis leher yang agak terbuka, bisa ditutupi dengan jaket khas anak muda.

Susi susanti