Edisi 20-06-2017
Sleman Targetkan 1 Juta Wisatawan


SLEMAN – Libur Lebaran yang cukup panjang diharapkan mampu mendatangkan 1,1 juta wisatawan ke Kabupaten Sleman.

Jumlah tersebut atas perhitungan tingkat kunjungan wisatawan pada sejumlah libur panjang pada Mei lalu. Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih menyebut, di 2017 ini Sleman menargetkan mampu menghadirkan 6 juta wisatawan. Hingga Mei lalu tercatat sudah ada 2,1 juta wisatawan yang datang. “Kita sangat optimistis target 6 juta wisatawan bisa terpenuhi. Kemarin sampai Mei sudah tembus 2,1 juta karena banyak long weekend. Untuk Lebaran ini kita di angka 1,1 juta wisatawan targetnya,” ujarnya kemarin. Memperhitungkan tingkat kunjungan wisatawan, Tebing Breksi di Prambanan dan candi-candi masih menjadi destinasi terpopuler di Sleman.

Kemudian objek wisata legendaris di lereng Merapi Kaliurang dan Lava Tour juga tetap menjadi daya tarik terbesar kehadiran wisatawan ke Sleman. Untuk mendongkrak kehadiran wisatawan tersebut, telah disiapkan sejumlah agenda hiburan di tempat wisata yang menjadi andalan untuk mendatangkan tamu tersebut. “Untuk hiburan kita akan memperkuat atraksi kesenian lokal yang dikelola masyarakat sekitar objek wisata. Kita akan gelar di Kaliurang dan Tebing Breksi,” tambahnya.

Di Kaliurang, Dinas Pariwisata Sleman pada libur Lebaran berencana kembali menggandeng pihak ketiga untuk menggelar festival of lights. Aktivitas taman lampion tersebut akan dibuka di lapangan dekat gardu pandang Kaliurang. Diharapkan event festival lampion tersebut bisa mendorong kehadiran wisatawan ke Sleman selama libur Idul Fitri 2017. Sekretaris Daerah Sleman Sumadi menyebut libur Lebaran kali ini juga mendapatkan tambahan momentum libur sekolah. Kondisi ini diyakini akan mendorong banyaknya wisatawan yang datang ke Sleman. “DIY ini adalah destinasi wisata. Setelah libur Lebaran, masih ada libur sekolah dan ini biasanya wisatawan pelajarnya juga cukup banyak yang datang,” tandasnya.

Untuk mendukung kegiatan pariwisata tersebut, Sumadi menyebut infrastruktur pendukung seperti jalan yang menjadi akses menuju objek wisata di Sleman sudah sangat representatif. Keberadaan fasilitas umum tersebut sangat mendukung kemudahan para wisatawan untuk sampai ke objek wisata.

Maha deva












Berita Lainnya...