Edisi 20-06-2017
UNY Raih 2 Emas di InIIC 2017


YOGYAKARTA – Tim Teknologi Informasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Rekayasa Teknologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih dua medali Emas dalam ajang International Invention and Innovative Competition (InIIC).

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Negara Malaysia bekerja sama dengan University of Malaya dan MNNF tersebut telah berlangsung 6-7 Mei 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Pada ajang kali ini, UNY mengirim 2 tim untuk berkompetisi. Tim 1 beranggotakan Hernawan Prabowo (Pendidikan Teknik Elektronika), Deni Kurnianto Nugroho (Pendidikan Teknik Informatika), Anjasmoro Adi Nugroho (Pendidikan Teknik Informatika), Rifaldy Fajar (Matematika) dan Thifli Habibi Nur Salim Nava (Pendidikan IPA).

Sedangkan Tim 2 beranggotakan Singgih Bekti Worsito (Pendidikan Teknik Mekatronika), Hernawan Prabowo (Pendidikan Teknik Elektronika), Linda Noviasari (Pendidikan Teknik Elektronika), Lailaturrahmi Ramadhani (Pendidikan Teknik Boga) dan Lina Ambarwati (Pendidikan Bahasa Inggris). Kedua tim tersebut masing-masing berhasil meraih medali emas. “Pada kompetisi ini persaingannya berat. Itu karena banyak juga pesaing kami yang ternyata dari kalangan dosen, aktivis dan praktisi yang sudah ahli di bidangnya. Bahkan tim kami merupakan salah satu tim termuda di antara kontestan lainnya,” kata Singgih, kemarin.

Sementara itu, Linda Noviasari menjelaskan, dalam meraih suatu pencapaian bukan suatu hal yang mudah bagi tim. Perjuangan mereka dimulai dari pencarian event, proses pengiriman abstrak, penyusunan proposal, pembuatan alat, uji coba dan validasi ahli yaitu dosen, hingga saat presentasi. Semua itu membutuh pengorbanan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. “Namun kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. Kami pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan,” kata Linda.

InIIC 2017 diikuti lebih dari 150 inventor dari beberapa negara, di antaranya adalah Malaysia, Indonesia, Taiwan, Thailand, Singapura, India, Korea Selatan dan beberapa negara lainnya.

Ratih keswara


Berita Lainnya...