Edisi 20-06-2017
Krisis Striker


BANDUNG – Kali ini Sergio van Dijk mengibarkan bendera putih. Cedera lututnya kembali kambuh dan bahkan membuat penyerang naturalisasi itu terancam menutup karier di lapangan hijau lebih cepat.

Sergio meninggalkan lapangan setelah lututnya kembali bermasalah di kandang Barito Putera, Minggu (18/6). Ia digantikan oleh Carlton Cole pada menit ke-13 dan setelah pertandingan menyatakan, akan terbang ke Belanda untuk menjalani pengobatan. Sebelumnya lutut Sergio sudah bermasalah ketika membela Maung Bandung menghadapi Mitra Kukar di babak perempat¬ nal Piala Presiden 2017 di Stadion Manahan, Solo, 25 Februari lalu. “Akhirnya dia (Sergio) menyerah, tadi (kemarin) dia sudah ngomong. Sekarang rencananya Sergio mau pergi ke Belanda untuk mencari pengobatan terbaik,” papar Djanur kepada wartawan, kemarin.

Kondisi ini tentu cukup memukul Maung Bandung dan membuat sektor depan krisis. Bukan semata-mata karena jumlah materi pemain yang dimiliki, tapi kualitas masing-masing striker yang ada sekarang. Apalagi selama Juli nanti atau setelah libur lebaran akan menjalani fase sulit karena sejumlah lawan berat sudah menanti. Seperti PSM Makassar, Madura United, Mitra Kukar dan Persija Jakarta yang menyandang status tim dengan pertahanan terbaik di kompetisi Liga 1. Belum dapat dipastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan Sergio untuk pulih.

Yang pasti, lini depan Persib kini kian bermasalah karena Carlton Cole masih butuh waktu untuk mencapai performa puncak, terutama kebugaran ¬ siknya. Begitupun dengan Tantan dan Shohei Matsunaga yang lebih cocok ditempatkan sebagai winger atau second striker serta Angga Febriyanto yang terlihat masih grogi. Kondisi ini kian menguatkan rencana Maung Bandung memboyong penyerang anyar di putaran kedua nanti. “Di Banjarmasin kita mainkan Sergio dan Cole, masyarakat tentunya bisa menilai dan melihat sendiri seperti apa. Persoalan di lini depan ini sebelumnya kan sudah pernah saya bicarakan,” ungkap Djanur.

“Ya mau tidak mau kami harus maksimalkan penyerang yang ada. Sekarang kami hanya memiliki dua striker murni (Cole dan Angga), apalagi sekarang Angga juga sedikit mengalami masalah. Kalau Shohei dan Tantan sebenarnya bukan striker, itu bukan posisi mereka,” sambung Djanur. Skuat Maung Bandung sendiri, sejak kemarin diliburkan selama 10 hari dan rencananya akan kembali dikumpulkan pada Kamis (29/6) dan dijadwalkan mulai menjalani latihan kembali keesokan harinya atau Jumat (30/6) sebagai persiapan menghadapi laga melawan PSM Makassar, Rabu (5/7).

Mohamad tau¬ k





Berita Lainnya...