Edisi 20-06-2017
4G, Eksotisme Sisi Utara Gunungkidul


GUNUNGKIDUL - 4G biasa dikenal untuk jaringan internet. Namun, berbeda dengan 4G di Gunungkidul. Sebuah objek wisata baru di sisi utara kabupaten terluas di DIY ini menampilkansebuah spotselfie serta untuk dunia fotografi yang sangat istimewa.

4G merupakan singkatan dari Gunung Gentong, Ge - dangsari, Gunungkidul. Merupakan destinasi wisata yang berada di dusun Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Ge - dangsari. Sebuah objek wisata yang menawarkan keindahan alam bukit, lengkap dengan pe mandangan di atas awan yang sering kali disebut negeri di atas awan. Namun demikian, untuk bisa menikmati panorama ne - geri di atas awan ini, wisatawan memang harus datang se - belum jam 06.00 WIB. Di te - ngah kesegaran udara bukit dan sua sana pedesaan, kita akan me mandang luas be be - rapa daerah di luar Gu nung - kidul dan awan-awan tipis yang menyelimuti nya.

Di objek wisata yang belum lama diperkenalkan masyara - kat ini, view paling favorit adalah bukit gunung api purba Nglanggeran. Keindahan gunung api purba tersebut benar-benar sangat menawan untuk spot foto dari bukit 4G . Kurniawan, salah satu wisa tawan asal Magelang Jawa Te ngah, mengaku takjub dengan keindahan alam pagi hari di kawasan 4G tersebut. Bayang kan saja, dia pun rela berangkat dini hari untuk bisa melihat golden sunsrise serta pemandangan menakjubkan di pagi hari tatkala udara masih sangat segar.

“Sungguh menawan dan memesona pokoknya tidak salah kalau objek wisata di Gunungkidul terkenal dengan ek - sotismenya. Ini saya buktikan sendiri,” ungkapnya beberapa waktu yang lalu. Diakuinya, dengan keting - gian bukit 520 DPL men ja di - kan objek wisata di sisi utara Kabupaten Gunungkidul ini cukup menarik. Apalagi, wi sa - tawan sangat mudah men - jangk au dan tidak mem bu - tuhkan fisik eks tra. “Ini negeri di atas awan,” lanjut dia. Kepala Bidang Pemasaran dan Bina Usaha Dinas Pari wi - sata Gunungkidul Yuni Har ti ni mengatakan, pihaknya te rus berusaha memberikan ruang partisipasi masyarakat untuk menggeliatkan pari wisa ta.

Po tensi sektor utara Gu - nungkidul yang dikenal dengan per bu kitannya, masih me nyimpan berbagai ke in - dahan yang layak untuk di - eksplorasi. “4G di Gedang sari ini merupakan salah satu objek wisata berbasis mas - yarakat yang dikelola warga setempat,” ulasnya. Pemkab, lanjutnya, terus ber usaha memberikan sarana prasarana sehingga keindahan wisata alam yang masih perawan tersebut semakin layak dan menambah kenyaman wi - satawan.” Objek wisata 4G layak dicoba bagi wisatawan yang me mang membutuhkan suasana serta panorama ke in - dahan alam yang berbeda. Ka - rena pa ling asyik di pagi hari un - tuk melihat sunrise dan berfoto di atas awan,” pungkasnya.?

Suharjono

Berita Lainnya...