Edisi 20-06-2017
BPPH Pemuda Pancasila Intensifkan Advokasi Masyarakat


YOGYAKARTA – Pemuda Pancasila (PP) lebih banyak dikenal masyarakat sebagai organisasi masyarakat. Tapi, tidak banyak yang tahu lebih jauh apa saja yang ada di dalamnya.

Termasuk keberadaan Badan Pendampingan dan Penyuluhan Hukum (BPPH). Ya, PP memiliki divisi khusus yang menangani persoalan hukum di bawah kendali BPPH. Dalam lima tahun ke depan, kiprah BPPH di bawah Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP DIY bakal lebih diintensifkan dengan memberikan lebih banyak advokasi kepada masyarakat, selain secara internal kepada anggota. “Akan kami gaungkan lagi dalam lima tahun ke depan. Sekarang sedang kami susun program pendampingan hukum yang sasarannya bukan saja anggota, tetapi juga masyarakat umum, terutama membantu mereka yang merasa terzalimi,” ungkap Ketua MPW PP DIY R Faried Jayen Soepardjan di sela-sela buka bersama dengan wartawan, Minggu (18/6) petang.

Ia mengatakan, saat ini tercatat 72 advokat tergabung dalam BPPH PP. Hanya saja, karena banyaknya kesibukan para anggota, dari 72 itu hanya 35 advokat saja yang aktif dan siap melakukan pendampingan hukum. Menurutnya, BPPH dapat berperan lebih aktif dalam mengadvokasi masyarakat. Salah satunya pemerintah desa. Ini terkait masih minimnya pemahaman UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. pendampingan untuk desa akan dikemas dalam berbagai format termasuk sosialisasi terkait pemanfaatan dana desa.

“Sekarang itu masih banyak yang takut memanfaatkan dana desa. Bukan karena apaapa, tapi karena mereka tidak paham, sehingga takut menjadi masalah. Ini yang akan coba kami dampingi agar dana desa itu termanfaatkan dengan baik, dan pembangunan di desa bisa dirasakan masyarakat,” kata Jayen. Salah satu anggota BPPH MPW PP DIY A Ismoko Tri H mengatakan, pendampingan hukum kepada masyarakat harus berjalan kontinu. “Kami akan kontinu melakukan advokasi kepada siapa saja. Selain desa, kami juga programkan penyuluhan hukum di dalam rumah tahanan dan tempattempat lain,” katanya.

Ia menambahkan, untuk advokasi terhadap anggota, saat ini BPPH tengah mendampingi anggota Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Bantul yang tengah berurusan di Polda DIY.

Sodik




Berita Lainnya...