Edisi 17-07-2017
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)


RESEARCH Analyst OCBC Sekuritas Indonesia Liga Maradona memilih saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebagai pilihan untuk dikoleksi jelang rilis kinerja di pekan ini.

Track record positif perseroan terlihat dari sukses mencatat laba bersih sebesar Rp5 triliun pada kuartal pertama 2017. Angka itu naik 10,7% dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp4,5 triliun.

Pendapatan operasional BCA yang terdiri atas pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lain juga tumbuh 5,3% menjadi Rp13,5 triliun pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan kuartal I 2016 sebesar Rp12,8 triliun. Hal itu berkat kefokusan BCA dalam mengembangkan franchise perbankan transaksi sehingga memungkinkan perseroan untuk meningkatkan dana pihak ketiga.

“Investasi terus dilakukan untuk memperkuat bisnis inti BCA. Guna beradaptasi secara konsisten sejalan dengan perubahan perilaku dan preferensi nasabah pada kuartal ini, bank terus menjalankan fungsi intermediasi secara prudent serta menawarkan suku bunga kredit kompetitif,” ucap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja beberapa waktu lalu.

Sayangnya, rasio kredit bermasalah (NPL) perusahaan meningkat dari 1,3 % pada akhir Desember 2016 menjadi 1,5% pada akhir Maret tahun ini. Meski begitu, Jahja menilai masih terjaga di bawah rata-rata industri perbankan yang berada di kisaran 3%.

hafid fuad