Edisi 17-07-2017
Menabur Api


TOCOPILLA – Berjarak 10.624 kilometer dari Kota London, penyerang Arsenal Alexis Sanchez “menabur api” ke Emirates Stadium.

Dari tempat kelahirannya, Tocopilla, Cile, Sanchez menyatakan ingin bermain di Liga Champions, ambisi yang tidak mungkin diraih bersama Arsenal musim ini.Pada saat rekan-rekannya melakukan pertandingan uji coba ke Australia dan Asia, Sanchez masih menikmati liburan seusai membela Cile di ajang Piala Konfederasi.

Selama dua pekan, dia menghabiskan waktu di Tocopilla, kota kelahirannya, untuk bertemu keluarga, teman-temannya, dan menyaksikan turnamen sepak bola usia muda yang berlangsung pekan ini. Dari tempat tersebut Sanchez mengeluarkan pernyataan mengejutkan.

Ditanya wartawan media lokal tentang ambisinya, penyerang berusia 28 tahun itu mengatakan ingin bermain dan menjadi juara di Liga Champions. “Saya sudah membuat keputusan. Tapi, pelaksanaannya tidak hanya di saya, butuh persetujuan Arsenal.

Sekarang, saya menunggu jawaban mereka,” kata Sanchez, dikutip Daily Mail. Bergabung Arsenal pada 2014, Sanchez diboyong dari Barcelona dengan kontrak 31 juta euro (Rp478 miliar) dengan durasi kontrak hingga 2018. Sejak menjalani debut bersama The Gunnerspada 2 Agustus 2014, diia telah 103 kali tampil dan mencetak 53 gol di semua ajang.

Musim lalu, dia menjadi pemain paling subur di Arsenal dengan 30 gol di semua pertandingan. Jumlah tersebut membuat posisinya hampir tidak tergantikan di starting line-up Arsenal. “Bermain dan menjadi juara di Liga Champions adalah sesuatu yang saya impikan sejak kecil,” tandasnya. Masalahnya, musim depan Arsenal tidak akan tampil di kompetisi tertinggi antarklub Eropa tersebut.

Menempati peringkat 5 klasemen akhir Liga Primer 2016/2017 membuat pasukan Arsene Wenger hanya tampil di Liga Europa. Statmen Sanchez membuat peta transfer kembali bergairah. Manchester City (Man City) yang baru saja mendatangkan Kyle Walker dari Tottenham Hotspur memiliki gairah kembali memburu Sanchez.

Bukan rahasia lagi jika Pelatih Man City Pep Guardiola ingin bereuni dengan mantan pemainnya di Barcelona itu. The Citizensdikabarkan sudah menyiapkan 80 juta poundsterling (Rp1,3 triliun) demi mendapatkan mantan punggawa Udinese tersebut. Jika terealisasi, pembelian itu akan jadi termahal sejak Guardiola menjadi pelatih dan transfer tertinggi Man City.

Spekulasi tentang Sanchez sempat terhenti saat Wenger menegaskan pemainnya tersebut akan bertahan. Pernyataan itu disampaikan pelatih asal Prancis tersebut dalam sesi jumpa pers seusai mengalahkan Western Sydney Wanderers. “Tentu saja (dia akan tetap tinggal). Saya telah berbicara melalui teks dan itu sangat positif.

Pikiran saya selalu positif,” tutur Wenger. Arsenal sempat dikaitkan dengan Kylian Mbappe, pemain yang paling dibicarakan di bursa transfer musim panas ini. Wenger juga tak menampik tertarik bekerja sama dengan Mbappe. “Orang-orang memiliki imajinasi besar. Apa yang kita ketahui sekarang dengan Mbappe nilainya lebih dari 100 juta poundsterling. Mudah saja bagi semua orang untuk membayangkannya, karena gratis. Tapi, kami belum memberikan penawaran,” pungkasnya.

ma’ruf