Edisi 17-07-2017
Masih Tetap Ngotot


BARCELONA – Barcelona masih memiliki satu misi yang belum terselesaikan. Mereka berusaha sekuat tenaga mencari gelandang baru sebelum penutupan bursa transfer musim panas ini.

El Azulgrana, julukan Barcelona, masih ngotot mendapatkan Marco Verratti walau sang pemain menyatakan setia bersama Paris Saint-Germain (PSG). Verratti memang sempat digadang-gadang akan membela tim Katalan tersebut. Namun, bukan itu masalah utama yang tengah dihadapi manajemen Barcelona saat ini.

Mereka justru terkendala pendanaan yang mulai terkuras setelah mendapatkan dua pemain, yakni bek Nelson Semedo dan winger Gerard Deulofeu. Keduanya diperkirakan membuat kantong kas Barcelona menyusut sebesar 42 juta euro. Masalah itu yang tengah dipusingkan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu saat ini.

Dia menilai timnya harus menyiapkan dana paling sedikit 80 juta euro untuk mendapatkan gelandang berkualitas, apalagi PSG enggan melepas Verratti dengan harga di bawah standar yang sudah ditetapkan. Menurut Bartomeu, timnya saat ini hanya menyisakan 18 juta euro untuk belanja pemain.

Nominal itu tentu masih jauh dari harapan. Dia pun memiliki rencana akan menjual beberapa pemainnya untuk mengumpulkan sekitar 62 juta euro. Tetapi, keinginan itu akan sulit terealisasi karena sepinya tim peminat. Arda Turan yang siap dilepas untuk mendapatkan dana potensial bahkan tak ada yang menawar.

Klub China yang gemar mendapatkan pemain baru pun urung melontarkan penawaran. Padahal, El Azulgrana sempat mendapatkan penawaran senilai 50 juta euro untuk melepas Turan musim lalu. Barcelona sebenarnya masih memiliki opsi lain, yakni melepas Rafinha. Sayang, cedera lutut yang dialami pemain asal Brasil itu membuat kas Barcelona belum juga terisi.

“Kami terus mencari solusi atas masalah ini dan kami berharap bisa segera mendapatkannya,” ujar Bartomeu, dilansir Marca. Kondisi itu membuat El Azulgrana krisis gelandang. Mereka kemungkinan masih akan mengandalkan kepada figur pemain seperti Andres Iniesta, Sergio Busquets, Turan, Ivan Rakitic, dan Denis Suarez dalam mengarungi musim 2017/2018.

Sementara Real Madrid menikmati tur pramusim mereka di Amerika Serikat. Pelatih Madrid Zinedine Zidane mengaku tak ada masalah yang menghantui timnya jelang digelarnya kompetisi mulai bulan depan. Pelatih asal Prancis itu bahkan masih mengandalkan pemain dan kemungkinan skema yang sama dalam menyambut kompetisi baru nanti.

Tetapi, mantan gelandang Juventus itu tak memedulikan itu. Dia lebih memprioritaskan persiapan timnya, terutama menjaga kondisi pemain Los Blancos selama menjalani tur pramusim. “Saya bahagia melihat fasilitas latihan di sini (Amerika Serikat). Pemain bisa berlatih dengan baik dan saya yakin kami bisa menjaga ambisi kami mempertahankan capaian musim lalu,” ungkap dia.

edi yuli Marco