Edisi 17-07-2017
Meksiko Incar Puncak Klasemen


SAN ANTONIO – Meksiko siap memuluskan jalan sebagai pemungkas klasemen akhir Grup C Piala Emas 2017.

Angka penuh pun siap dibidik tim besutan Juan Carlos Osorio itu saat ditantang penghuni dasar klasemen Curacao di Alamodome, San Antonio, Amerika Serikat (AS), Senin (17/7). Meksiko saat ini masih menjadi penguasa Grup C.

Dari dua laga yang sudah dimainkan, tim berjuluk El Tri itu baru mengemas empat angka berkat meraih kemenangan saat berjumpa El Savador 3-1, Minggu (9/7), dan bermain imbang tanpa gol kontra Jamaika, Kamis (13/7). Kini, Meksiko dan Jamaika menjadi dua tim teratas yang menguasai Grup C dengan mengemas empat poin.

Melihat raihan angka yang sama antara Meksiko dan Jamaika, El Tri tidak hanya mengharapkan sebuah kemenangan. Namun, Elias Hernandez dkk juga berharap mampu mencetak gol lebih banyak di partai pamungkas Grup C itu. Pasalnya, Jamaika juga berpotensi duduk di puncak klasemen jika mampu mengalahkan El Savador.

Jika pada akhirnya mampu tampil menjadi juara Grup C, Meksiko akan ditantang penghuni peringkat 3 antara Grup A atau Grup B. Artinya, El Tri bisa mendapat lawan yang cukup mudah di fase berikutnya. Jika hanya lolos dengan status runner-up Grup C, Meksiko sudah ditunggu Kanada yang tampil menjadi runnerup Grup A di bawah Kosta Rika.

Berlikunya jalan Meksiko di fase grup Piala Emas tahun ini bisa dibilang karena keputusan Osorio yang lebih mengedepankan skuad muda pada kesempatan kali ini. Tidak hanya itu, dalam perjalanannya, Osorio juga sempat mendapatkan tekanan dari berbagai pihak di sepak bola Meksiko setelah timnya gagal tampil baik pada ajang Piala Konfederasi 2017 di Rusia beberapa waktu lalu.

“Ini adalah sekumpulan pemain muda yang belum pernah menghadapi turnamen bersamasama dan mereka harus tetap belajar. Akan ada banyak hal positif yang akan didapatkan pemain dan tim pada masa depan. Pelajaran berharga bisa didapat di sini,” ungkap Asisten Pelatih Meksiko Luis Pompilio Paez, dilansir Reuters.

“Kami adalah tim yang kebobolan terbanyak di Piala Konfederasi kemarin. Itu adalah risiko menjadi pasukan yang ambisius, pasukan yang menciptakan banyak peluang gol,” ungkapPaez. Sementara AS bisa menuntaskan ambisi mereka mengunci pemimpin klasemen Grup B. Kemenangan 3-0 atas Nikaragua di FirstEnergy Stadium, Cleveland, Ohio, AS, kemarin, membuat The Yanks mengumpulkan tujuh poin, unggul agresivitas gol atas Panama sebagai runner-up.

Permainan The Yanks memang lebih padu kali ini, terlebih lawan yang dihadapi adalah penghuni dasar klasemen. Terbukti, Joe Benny Corona sudah memberikan keunggulan buat AS pada menit ke-36, disusul Kelyn Rowe (56) dan Matthew Miazga (88). “Kami tampil kompak karena tak ingin mengalami kesulitan ketika menghadapi tim kuat di babak perempat final,” ujar kapten AS Alejandro Bedoya.

decky irawan jasri